50 Siswa Seleksi Beasiswa ke Jerman

50 Siswa Seleksi Beasiswa ke Jerman

BINTUHAN, BE - Pemerintah Kabupaten Kaur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dispendikbud) Kabupaten Kaur ditahun 2015 ini, akan kembali mengirim 2 siswa berprestasi untuk sekolah gratis ke luar negeri. Kali ini akan dikirim ke Jerman.

Saat ini Dispendikbud telah menentukan 50 siswa yang telah lulus seleksi administrasi dan akademik penerimaan  beasiswa Bintang Jemput Bintang (BJB).

“Yang lulus seleksi itu saat ini ada 50 siswa yang tersebar di Kabupaten Kaur ini, dan mereka ini nanti akan kita seleksi lagi,” kata Kepala Dispendikbud Kaur M Daud Abdullahm SPd melalui Kabid Dikmen Yulizar ST, kemarin.

Yulizar mengatakan, selain akan mengirim 2 siswa ke Jerman, Dispendikbud juga akan mengirim 5 siswa berprestasi untuk disekolahkan gratis ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Surabaya.

“Untuk syaratnya itu yang bersangkutan harus tamatan SMA sederajat dan memiliki kemampuan di atas rata rata rekan lainya. Seleksi ini dilakukan oleh para tim yang datan dari UPI,” ujar Yulizar.

Lanjutnya, saat ini ada 50 siswa yang telah lulus dalam seleksi BJB ini. Dimana 50 siswa ini akan kembali diseleksi dan diambil 10 besar.

Dari 10 orang tersebut akan dikerucutkan lagi menjadi 3 orang beasiswa ke luar negeri dan 5 orang beasiswa  kuliah ke  UPI. Dalam seleksi BJB ini memastikan tidak ada permainan  dalam perekrutan  para siswa yang akan dikirim nanti.

“Perekrutan ini memang benar-benar murni dan tidak ada mainan. Jika nanti ada oknum yang bermain silahkan lapor ke kita,” jelasnya.

Ditambahkannya, program BJB ini merupakan program tahun yang keempat. Sebelumnya Pemkab Kaur juga sudah mengirim 6 siswa yang disekolahkan secara gratis  masing-masing dua orang ke Inggris, Australia dan Jerman. Saat ini para siswa itu sedang menjalani perkulihan di luar negeri.

“Ini memang salah satu program kita yang selama ini kita lakukan. Sehingga dengan adanya program ini harapan kedepan para pelajar Kaur  makin maju,” harapnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: