Awasi Bansos Jelang Pilkada

Awasi Bansos Jelang Pilkada

TUBEI,BE - Terkait adanya berbagai bantuan dari dana bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan kepada berbagai lapisan masyarakat Kabupaten Lebong baik itu yang berasal dari anggaran Pemerintah RI maupun anggaran Pemda Kabupaten Lebong, seluruh pihak diminta untuk ikut mengawasi realisasi bantuan itu nantinya. Pengawasan ini dimaksudkan agar bantuan tersebut tidak salah sasaran, penyalurannya sesuai dengan tujuan peruntukkannya.

Hal ini di sampaikan Tokoh Pemuda Pelabai, Sukamdani SPdI MPdI yang juga merupakan Ketua DPD Himpunan Mahasiswa Kosgoro 1957 Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, penyaluran bantuan ditahun politik seperti tahun 2015 yang akan dilangsungkannya Pemilihan Bupati (Pilbup) saat ini rawan terjadinya penyimpangan dari peruntukkan yang sebenarnya. Apapun bentuk dari bantuan yang akan disalurkan oleh pemerintah harus diawasi bersama.

\'\'Agar bantuan yang disalurkan ini menjadi sarana untuk kepentingan pribadi oknum tertentu yang akan mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Lebong meraup keuntungan ditahun politik melalui bantuan pemerintah,\" kata Sukamdani.

Sukamdani mengkawatirkan penyaluran bantuan ini justru digunakan untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas oknum tertentu yang maju pada Pemilu Pemilihan Bupati Lebong pada tahun 2015 mendatang. Dalam pelaksanaan dan penyampaiannya kepada masyarakat, bisa saja mereka ini menyebut bantuan itu berasal dana pribadi sementara kenyataannya tidak begitu. Ia juga mengingatkan, agar bantuan tak terjadi penyewelengan, Pemda harus serba hati-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang ada, harus benar-benar diperhatikan si penerimanya, bagaimana kualifikasi dan kredibilitas lembaga penerima tersebut, serta  digunakan untuk  kegiatan apa saja dana tersebut. Ini harus jelas dan transparan.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: