PBB 4 Kecamatan di Bawah 70%

PBB 4 Kecamatan di Bawah 70%

CURUP, BE - Pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) empat kecamatan masih dibawah 70 persen hingga akhir tahun ini. Empat kecamata  itu, Sindang Kelingi, Binduriang, Padang Ulak Tanding (PUT) dan Curup Timur. Hal ini diungkap Kepala Dinas Pendapatan Daerah kabupaten Rejang Lebong Hj Susilawati, SE MM dalam kegiatan bakti sosial di Desa Simpang Nangka kecamatan Selupu Rejang, Sabtu (29/12). \"Belum bisa disebutkan pastinya yang mencapai di bawah 70%. Karena dalam rapat sebelumnya para camat bahkan menyatakan sanggup melakukan pencapaian 90 persen, namun kenyataannya tidak tercapai,\" kata Susilawati.

Kelurahan yang mampu mencapai target 100 persen pencapaian PBB baru Kelurahan Jalan Baru dengan total pajak sekitar Rp 79 juta. Sedangkan yang lain pencapaiannya masuk belum tampak, bahkan ada desa yang capaian PBB masih 0 persen.Kondisi ini membuat bingung Dispenda sebagai koordinator pencapaian PBB dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). \"Saya tidak tahu apalagi kendalanya sehingga tidak tercapai. Kalau memang masih ada yang dobel kewajiban PBB nya, masa sampai ada desa yang tidak banyak PBB sama sekali, dan pihak kecamatan tidak proaktif memberikan penyuluhan kepada masyarakat,\" tegas wanita yang biasa dipangil ibu Sus, ini.

Pada tahun 2014, pengelolaan PBB akan diserahkan kepada daerah semuanya menjadi pendapatan daerah. \"Kalau kondisinya seperti ini, jelas tidak ada kemauan dari pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan untuk proaktif mendukung pembangunan daerah,\" tukasnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: