Hanya 20 Parpol Lolos

Hanya 20 Parpol Lolos

TALANG EMPAT, BE- Pemilihan Umum tahun 2014 mendatang di Bengkulu Tengah tampaknya hanya diikuti oleh 20 Partai Politik saja. Dari total 34 Parpol yang diverifikasi KPU. Verifikasi Parpol dalam 2 tahap yang dilakukan KPU, sebanyak 14 Parpol dinyatakan tidak lulus. Karena tidak memenuhi syarat. Hasil verifikasi ini rencananya diplenokan KPU hari ini. Dengan begitu 14 partai yang tidak lolos, dipastikan tak bisa mengikuti pesta demokrasi tahun 2014 mendatang.

\'\'Besok itu final,\'\' ujar Anggota KPU, Divisi Sosialisasi KPU, Supirman, SAg pada BE kemarin. Dijelaskan Supirman verifikasi 34 Parpol yang mendaftar ke KPU, dilakukan dalam 2 tahap. Pada tahap pertama lalu ada 16 Partai politik yang diverifikasi. Awalnya kesemua Parpol itu tak lolos. Pada saat diberi kesempatan, banyak ParpolĀ  memperbaiki kekuranganya,dan melengkapi syaratnya. Hasilnya, ketika tim verfikasi KPU turun, sebanyak 14 Parpol dinyatakan lulus. Sedangkan 2 Parpol tetap tidak lolos.

Berikutnya pada verfikasi kedua di Bulan Desember ini, KPU memverifikasi sebanyak 18 Parpol lainnya. Verfikasi tahap 2 ini berakhir kemarin. Hasilnya, ternyata hanya 6 Parpol saja yang memenuhi syarat. Keenam parpol ini dinyatakan lolos dan berhak menjadi peserta Pemilu 2014. Selebihnya 12 Parpol tidak lolos.

Faktor Parpol itu tidak lolos, masih disebabkan permasalahan status keanggotaan (KTA), sekretariat, dan pengurus. \"Dari 18 parpol sekitar 6 yang memenuhi syarat,\" ujar Supirman.

Namun saat ditanya lebih jauh partai apa saja yang tak lolos itu, Supirman enggan memberikan perinciannya. Dengan demikan Parpol yang dinyatakan lolos verfikasi sebanyak 20 Parpol. Empat belas Parpol lolos pada verfikasi tahap pertama dan 6 Parpol lagi lolos diverifikasi tahap ke-2. Hasil verifikasi KPU yang diplebnokan hari ini bakal diajukan ke KPU pusat, untuk ditetapkan sebagai calon peserta pemilu 2014. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: