Pengesahan APBD Molor

Pengesahan APBD Molor

KOTA MANNA, BE - Masa anggaran tahun 2012 ini sudah hampir berakhir dan tinggal menyisahkan 4 hari lagi. Hanya saja hingga kemarin pembahasan RAPBD 2013 belum juga tuntas. Akibatnya pengesahan APBD 2013 dipastikan molor. Anggota banggar DPRD BS Dodi Martian SHut membenarkan kalau hingga kemarin pihaknya belum juga menuntaskan pembahasan RAPBD 2013.\"Bagaimana mau ketuk palu kalau Kebijakan Umum Anggaran Plafon Pagu Anggaran Sementara (KUA-PPAS) saja belum selesai dibahas,\" kata Dodi.

Alasan terhambatnya pembahasan KUA PPAS dikarenakan banyaknya program pembangunan yang diusulkan SKPD dilakukan secara dadakan. Padahal usulan itu harus didahului dari musyawarah rencana pembangunaan desa (Musrenbangdes) lalu ditindak lanjuti Musrenbang kecamatan dan Musrenbang Kabupaten. Namun  pada  usulan pembangunan tahun 2013 mendatang tidak mengacu pada Musrenbang tersebut dan di luar visi dan misi pembangunan yang bertujuan demi kesejahteraan warga.\"Dewan tetap berpedoman soal rencana pembangunan harus mengacu pada Musrenbang,\" jelasnya.

Dicontohkannya, saat ini pihak eksekutif mengusulkan pembangunan jalan dua jalur dan pengadaan alat berat. Padahal mengadaaan itu baru direncanakan baru-baru ini. Sehingga program yang diusulkan itu terkesan mendadak dan dipaksanakan. Imbasnya, mengenai usulan itu tidak kunjung selesai pembahasannya.

\"Bukan cuma karena program itu saja yang mengakibatkan terlambat. Lambannya kegiatan proyek juga alasan kami lamban membahas RAPBD 2013, sebab untuk apa cepat- cepat disahkan kalau selalu direalisasikan akhir tahun,\" tandasnya.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: