Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M Ghufron MM MSi

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M Ghufron MM MSi

\"Brigjen_Pol_M_Ghufron1\"

  Tak Mengenal Kegagalan

BENGKULU, BE - Prinsip tidak mengenal kegagalan dalam menjalani kehidupan, dipegang teguh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M Ghufron MM MSi. Menurutnya, keberhasilan itu bersifat abstrak kalau belum dicapai sehingga tidak ada indikator untuk mengukur sebuah kegagalan dalam menjalani kehidupan. \"Kalau kita sudah menentukan target, misal SMA ujian Fisika target nilai 10 terus dapat 8, itu bukan kegagalan tetapi memang demikian hasil maksimal yang kita capai,\" terang Kapolda dalam wawacara khusus dengan Bengkulu Ekspress (BE) di ruang kerjanya, Kamis (23/20).

Menurut Kapolda, sikap percaya diri harus dimiliki setiap orang untuk mencapai target-target yang sudah ditetapkan. Karena kehidupan ini merupakan napak tilas dari rencana Tuhan untuk hambanya. Karena rencana itu tidak diketahui sehingga manusia harus berusaha mencari jalan terbaik dalam kehidupan. \"Kita tidak ketahui rencananya, maka harus berusaha maksimal agar mendapatkan jalan yang baik sebab manusia memang diminta untuk mencari jalannya sendiri,\" tegasnya.

Dikatakan Kapolda, apabila mendapatkan kendala (cobaan) berat dalam kehidupan maka harus menghadap dan berserah diri kepada sang pencipta guna mengadukan persoalan yang terjadi.
\"Sang pencipta sudah berjanji tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hambanya. Maka kita tagih janji itu dengan mengahadap kepadanya,\" kata Kapolda.

Kapolda menjelaskan setiap pekerjaan harus dilakukan dengan usaha maksimal agar dapat hasil yang maksimal pula. Dalam menjalankan usaha tersebut tidak boleh pesimis harus tetapi optimis bagaimanapun kondisinya. \"Saya tidak mengenal pesimis, sang pencipta tagih janjinya tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan manusia,\" sebutnya.

Menurut Kapolda dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, dirinya selalu mengedepankan prinsip pencegahan terhadap gangguan Kamtib di seluruh wilayah hukum yang dipimpinnya.
Kapolda menilai kondisi masyarakat di Provinsi Bengkulu relatif kondisif dan terkendali. Karena masyarakat sudah sangat merasakan arti penting kehadiran aparat kepolisian, di tengah-tengah masyarakat. Sebab, di setiap daerah yang didatangi Kapolda dalam kunjungan kerja, sejauh ini masyarakat setempat selalu meminta Polda Bengkulu untuk membangun Mapolsek, dengan siap menyediahkan lokasi (lahan) pembangunan markas polisi. \"Saya sudah berkunjung ke Kota Bengkulu, Seluma dan Rejang Lebong semuanya mengatakan hal yang sama,\" ungkap Kapolda.

Masyarakat Bengkulu menunjukan sikap ramah serta bersahabat dengan pendatang. \"Sifat masyarakat Bengkulu welcome dengan pendatang baru, sehingga akan mudah menerima kedatangan orang lain. Kondisi-kondisinya tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lain,\" sebutnya.

Dalam menjalankan tugas sebagai kepala kepolisian daerah dirinya menerapkan strategi bahwa Polda Bengkulu merupakan penghubung antara Polres-polres kepada Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri). Sehingga program kerja yang telah ditetapkan Kapolri, dapat dijabarkan dengan baik oleh Polda Bengkulu kemudian diteruskan kepada Polres-Polres untuk dikerjakan dengan baik dan maksimal.  \"Kita ini menjabarkan program-program dan kebijakan di Mabes, untuk diteruskan ke Polri agar dapat dilaksanakan. Polres tidak perlu berpikir untuk menjabarakan kebijakan Mabes, cukup langsung kerjakan dari jabaran yang disampaikan Polda,\" ucapnya.

Pun demikian, jenderal bintang satu kelarihan Tuban 13 Juni 1960 mengatakan seorang polisi harus mampu mengusai pola komunikasi, negosiasi dan intevensi dalam menjalankan tugas. Dengan ketiga ketentuan dapat dilaksanakan, akan tercapai semua target-target yang sudah ditetapkan.  Filosofis hidup dengan tidak mengenal kegagalan, menjalankan pekerjaan dengan maksimal serta menjabarkan kebijakan-kebijakan Mabes Polri itulah diterapkan Kapolda dalam mempimpin Polda Bengkulu kedepan.

Jendral bintang satu yang fasih berbahasa Inggris dan Belanda ini mampu mengendalikan situasi Kamtibamas Provinsi Bengkulu. Karena sudah memiliki cukup pengalaman mengemban jabatan-jabatan strategis di jajaran mabes Polri dan telah menjelajah hampir seluruh daerah di Indonesia. Bahkan ia sempat menjabat Kapolres di wilayah Timor-Timur yang sekarang sudah memisahkan diri dari NKRI. Tentunya dengan pengalaman berlimpah tersebut Kapolda telah memiliki strategi-strategi khusus untuk menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Bengkulu.
Untuk itu Kapolda menyampaikan pesan kepada masyarakat Provinsi Bengkulu agar menjalankan prinsip sepertinya \"kalau kita Ingin berhasil, kita berusaha maksimal\". Dengan tercapaikan keberhasilan yang diinginkan masyarakat akan berdampak pada kondisi kondusif suatu daerah.(320)

Daftar Riwayat Hidup Kapolda.

Nama : Drs M Ghufron MM MSi
Tempat Tanggal Lahir : Tuban, 13 Juni 1960
Agama : Islam
Suku  : Jawa

Pendidikan Polisi
AKABRI 1983
PTIK 1986
SESPIM 1998
SESPATI XI 2006

Pendidikan Umum
SD 1972
SMP 1975
SMA 1979

Pendidikan Jurusan
Bahasa Belanda 1990
Lantas APeldooorn V 1991
Bintal 1995

Kecakapan Bahasa Asing
Bahasa Inggris Aktif
Bahasa Belanda Aktif
Bahasa Jawa Aktif

Riwayat Jabatan
1. STAF PTIK 1983
2. PAMA POLDA SULSELRA 1986
3. WAKA POLSEKTA BONTOALU POLTABES UJUNG PANDANG 1986
4. KAPOLSEKTIF PALANGKARAYA POLRES GOWA POLDA SULSELRA
5. DANKI KITAR III YONTAR TK II DB MENTAR AKPOL 1988
6. INSTRUKTUR MADY PUSDIK LANTAS DITDIK POLRI 1992
7. KABAG LANTAS POLWIL SURAKARTA 1993
8. WAKA POLRESTA SURAKARTA POLDA JATENG 1995
9. PENUGASAN PBB DI BOSNIA HEROZEGOVINA (1 TAHUN) 1996
10. KAPOLRES VIQUEVIQUE POLDA TIMOR TIMUR 1998
11. KAPOLRES P AMBON DAN PP LEASE POLDA MALUKU 1999
12. KAPOLRES TUBAN POLWIL BOJONEGORO POLDA JATIM 2000
13. KAPOLRES BANYU WANGI POLWIL BASUKI POLDA JATIM 2001
14. SESDIT LANTAS POLDA METRO JAYA 2002
15. WADIR LANTAS POLDA METRO JAYA 2003
16. KAPOLRES METRO JAKARTA SELATAN POLDA METRO JAYA 2003
17. DIRLANTAS POLDA DIY 2006
18. KARO OPS POLDA NAD 2007
19. KAPOLWIL BANYUMAS POLDA JATENG 2008
20. KARO OPS POLDA JATENG 2010-2011
21. KABAG BINDIK SESPIMTI SESPIM POLRI LEMDIKPOL 2012
22. SESLEM SESPIM POLRI LEMDIKPOL 2013
23. KAROBINOPSNAL BAHARKAM POLRI 2013
24. KAPOLDA BENGKULU 2014.

TANDA JASA

SL BINTANG BHAYANGKARA NARARYA
SL DHARMA NUSA
SL DWIDYA SISTHA
SL JANA UTAMA
SL KARYA BAKTI
SL KESETIAAN 16 TAHUN
SL PBB BOSNIA
SL SATRIA TAMTAMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: