Kenaikkan PDAM Dinilai Logis

Kenaikkan PDAM Dinilai Logis

BENGKULU, BE - Meski mendapatkan penolakan dari sebagian warga, usulan kenaikkan tarif PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu dinilai logis. Menurut Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Bengkulu, Yudi Darmawansyah SSos, PDAM Tirta Dharma telah melakukan banyak perubahan manajemen sehingga layak untuk menaikkan tarif. \"Sejak pihak manajemennya diganti, sekarang air PDAM sudah jarang macet dan cukup lumayan jernih. Kalau memang indikatornya berdasarkan pelayanan, maka kenaikkan itu merupakan hal yang wajar,\" ungkapnya, kemarin. Yudi menjelaskan, sebagai perusahaan daerah berplat merah, PDAM Tirta Dharma harus dikelola secara profesional dengan mempertimbangkan aspek efesiensi dan efektifitas. Menurutnya, tidak mungkin PDAM dibiarkan mengalami defisit keuangan karena menanggung beban operasional yang terlalu tinggi. \"Kalau usulan kenaikkan itu disampaikan kepada dewan, kami akan menyampaikan persetujuan. Kapan pun usulan itu disampaikan, silakan. Kami siap untuk mengakomodir usulan kenaikkan tersebut,\" sampainya. Sementara Ketua Badan Pengawas PDAM Tirta Dharma, Drs H Fahruddin Siregar MM, mengutarakan, ia telah meminta kepada manajemen PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu untuk fokus dengan pelayanan sebelum memikirkan kenaikkan tarif. Ia menyatakan, wacana kenaikkan tarif masih belum tepat dalam situasi saat ini. \"Masalah kenaikkan itu sangat bergantung dengan kajian. Pijakan kita kajian. Sebelum kajian itu selesai dilaksanakan, kita berharap PDAM bisa fokus dulu dengan pelayanan,\" ungkapnya. Fachruddin menegaskan, wacana kenaikkan tarif dapat batal bilamana PDAM dinilai dapat mencari solusi alternatif lain untuk menutup biaya operasional yang dikeluarkan khususnya paska kenaikkan tarif dasar listrik (TDL) yang telah berlaku secara nasional. \"Makanya kita kaji dulu. Paska TDL naik ini berapa biaya operasional yang dikeluarkan. Kalau masih bisa ditutup dengan solusi lain, maka solusi lain itu yang akan diambil. Yang jelas semua butuh pencermatan. Sekarang yang utama adalah peningkatan pelayanan kepada pelanggan,\" tutupnya. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: