Bengkulu Terima 414 Transmigran

Bengkulu Terima  414 Transmigran

GADING CEMPAKA, BE - Provinsi Bengkulu kembali menjadi sasaran transmigrasi yang akan digulirkan pada tahun 2013 mendatang. Sebanyak 414 keluarga transmigrasi yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah telah disiapkan untuk diberangkatkan ke provinsi ini. Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu Drs H Husni Hasanudin, belum lama ini.

\"Kita menyambut baik kedatangan mereka. Program ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa. Dengan kahadiran mereka, kita berharap mereka dapat mempercepat penyebaran penduduk di Bengkulu,\" ujarnya.

Kedatangan 414 keluarga transmigrasi tersebut, lanjutnya, tidak dengan tanpa hampa. Sebab, Husni memastikan, mereka akan memperoleh fasilitas berupa lahan pekarangan seluas 0,25 hektare dan lahan usaha masing-masing dua hektare, serta rumah siap huni bagi setiap Kepala Keluarga (KK). \"Kemudian setiap bulan mereka juga akan kita beri fasilitasi jadup (jatah jaminan hidup-red) selama setahun berbentuk beras dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya,\" sambungnya.

Ditambahkannya, 414 keluarga transmigran akan ditempatkan di tiga kabupaten yakni Kaur, Rejang Lebong dan Bengkulu Selatan. Untuk Kabupaten Kaur, sebanyak 200 KK akan ditempatkan di Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Kedatan. Kemudian di Kebupaten Rejang Lebong, sebanyak 200 KK akan ditempatkan di UPT Bukit Batu. Sedangkan Kabupaten Bengkulu Selatan, hanya sebanyak 14 KK di UPT Tanjung Aur. \"Di Bengkulu Selatan hanya 14 orang karena pada tahun ini sudah ada penempatan 86 KK. Jadi mereka hanya tambahan dari program transmigrasi yang telah diluncurkan pada tahun ini,\" pungkasnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: