Salurkan Tempat Sampah

Salurkan Tempat Sampah

LEBONG UTARA, BE - Sebanyak 60 pasang tong sampah yang terdiri dari tong sampah organik dan anorganik serta 20 bak sampah dibagikan ke setiap RT yang ada di Kelurahan Kampung Jawa pada Jum\'at (14/12) lalu untuk disebar ke seluruh gang dan jalan yang ada di Kelurahan Kampung Jawa. Hal tersebut disampaikan Lurah Kampung Jawa Hendra Eka Saputra SSTP kepada waratawan, kemarin. Dikatakan Lurah, pendistribusian tong dan bak sampah tersebut merupakan program dari PNPM-LMP tahun 2012 di Kelurahan Kampung Jawa. Pendistribusiannya sudah dilaksanakan sejak 14 Desember 2012 hingga 16 Desember 2012 oleh operator petugas pemungut sampah.

\"Setelah dibagikan tong sampah tersebut, akan kita uji coba pelaksanaan pemungutan sampah yang ada di lingkungan masyarakat Kelurahan Kampung Jawa mulai 17 Desember 2012 hingga 17 Februari 2013 mendatang. Kemudian akan kita musyawarahkan dan jika tidak ada masalah dan kendala maka akan kita lanjutkan,\" jelas Hendra.

Selain itu, didalam program tersebut, setiap masyarakat di Kelurahan Kampung Jawa akan dikenakan retribusi kebersihan yang akan digunakan untuk membayar honor operator petugas pemungut sampah, pemeliharaan kendaraan operasional, dan membayar iuran wajib untuk pengelolaan sampah di TPA di Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis.

\"Untuk besaran retribusi tersebut kita kenakan sebesar Rp 5000/rumah/instansi/bulan. Jika dalam pelaksanaan ini ada masyarakat yang keberatan dipersilakan untuk melaporkan ke kelurahan. Setelah ini kita mengimbau kepada masyarakat dilarang keras untk membuang sampah disembarang tempat dan jika ketahuan akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lebong,\" pungkas Hendra.7(77)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: