Kepala BKD “Dicatut” Minta Duit

Kepala BKD “Dicatut” Minta Duit

CURUP, BE – Percobaan penipuan mewarnai proses pengangkatan honorer kategori satu (K1) di Kabupaten Rejang Lebong (RL).  Nama Kepala BKD  (Badan Kepegawaian Daerah) RL, Amir Hamzah SE MM, dicatut oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan harapan bisa melakukan pemerasan terhadap para pegawai honorer K1 yang saat ini tengah menanti proses pengangkatan.

Terkait hal itu, Amir Hamzah dikonfirmasi wartawan Senin (17/12) membenarkan jika namanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari para pegawai honorer K1.  Modusnya, sambung Amir, pelaku dengan mengatasnamakan Kepala BKD RL, meminta uang senilai Rp 4 juta kepada salah satu honorer K1 yang akan segera diangkat menjadi PNS tahun 2012 ini.  \"Kebetulan yang ditelepon adalah honorer K1 atas nama Sri Husnaini, guru SMAN 1, Kecamatan Sindang Kelingi beberapa hari lalu tepatnya tanggal 15 Desember 2012 ini, melakukan konfirmasi langsung kepada saya, saya bantah itu,\" kata Amir.

Lebih lanjut dijelaskan Amir, pelaku minta mengirimkan uang yang dimaksud ke nomor rekening Bank BRI  0926 0100 6393506 atas nama Indra Prasetia, BRI Cabang Unit Pertukangan Jakarta. \"Apabila tidak menuruti kehendak pelaku untuk mengirimkan uang sejumlah Rp. 4 juta ini, maka korban (Sri) akan digantikan namannya alias ditukar oleh nama orang lain dalam daftar honorer kategori lain,” kata Amir.

Atas peristiwa itu, Amir mengimbau agar para honorer yang masuk kategori  satu dan dua, tidak mempercayai hal serupa yang mengatasnamakan pihak BKD Rejang Lebong atau yang lainya.  Dan apabila ada ditemukan, maka diharapakan dapat melakukan upaya tindakan hukum ke Mapolres RL, dan tidak mudah percaya.  \"Jika ada yang minta uang untuk proses penerbitan SK, kami harapkan tidak percaya dan segara berkoordinasi dengan kami, tidak lantas langsung mengirimkan yang diminta pelaku penipuan,\" kata Amir. Dapat SK Tahun Ini Di sisi lain, kabar baik disampaikan Sekkab RL Drs Sudirman.  Menurutnya, hari ini, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Rejang Lebong akan segera berangkat memenuhi undangan Menpan dan RB, dalam rangka melengkapi berkas pengangkatan honorer K1 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).  \"InsyaAllah besok (hari ini) kita berangkatkan Kepala BKD untuk mengurus kelengkapan honorer kategori tersebut, hasilnya kita belum tahu nantinya,\" terang Sekda.

Hanya saja, Sekda berharap proses tersebut merupakan tanda-tanda untuk segera merubah status honorer K1 yang berjumlah 66 orang untuk resmi menjadi PNS.  \"Semakin cepat semakin baik, karena sudah cukup lama mereka menanti kepastian pengangkatan, bahkan sudah sejak 2005 mengabdi di pemerintahan,\" ujar Sekda. Di bagian lain, untuk proses pengangkatan honorer kategori dua, dengan total 147 orang, Sekda menerangkan belum mendapatkan petunjuk lebih lanjut. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: