Perlu Tambahan Penyuluh

Perlu Tambahan Penyuluh

MUKOMUKO, BE – Hingga saat ini Badan Pelaksana Penyuluh, Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP)  Kabupaten Mukomuko masih banyak kekurangan tenaga khususnya tenaga penyuluh dibidang perikanan dan kehutanan. Padahal kebutuhan tenaga di bidang itu sangat dibutuhkan untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.\"Kebutuhan penyuluh mencapai puluhan orang dan saat ini belum tercukupi,\" kata Kepala BP2KP Pemkab Mukomuko, Junaidi SP.

Kekurangan tenaga penyuluh kata Junaidi berimbas kepada pembinaan para petani yang kurang maksimal. Padahal, idealnya 1 desa harus ada  1 penyuluh. Namun dari 148 desa dan 3 kelurahan penyuluh yang ada saat ini hanya 88 orang dengan rincian sebanyak 59 PNS sisanya tenaga harian lepas (THL).Kekurangan itu membuat pihaknya setiap tahun mengusulkan ke Pemda Mukomuko maupun ke pemerintah pusat. Harapannya jika ada penerimaan CPNS untuk tenaga penyuluh supaya diprioritaskan.\"Usulan sudah dilakukan hingga tingkat pusat. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya,\" bebernya.

BP2KP berharap tahun 2013 mendatang ada  penerimaan CPNS khususnya untuk formasi tenaga penyuluh lebih banyak dari tahun sebelum-belumnya. Melalui penambahan tenaga penyuluh yang dibutuhkan, masyarakat akan mendapatkan pelayanan maksimal dari pemerintah daerah di bidang perikanan dan perkebunan. \"Minimal adanya perekrutan tenaga penyuluh seperti pegawai tidak tetap (PTT) sehingga tenaga yang ada itu dapat menjalankan tugas dan fungsi untuk membimbing para petani dapat berjalan maksimal,\" pungkasnya. (900)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: