Dewan Setuju Bahas Perubahan APBD 2014

Dewan Setuju Bahas Perubahan APBD 2014

\"RUDI

BENGKULU, BE - Rapat sidang paripurna DPRD Kota Bengkulu kemarin (18/7)  siang, dilakukan dengan 2 agenda sekaligus. Agenda pertama sidang paripurna pengantar nota keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 Kota Bengkulu oleh Walikota Bengkulu yang dibacakan langsung oleh Wakil Walikota Ir. Patriana Sosialinda, kemudian setelah itu dilanjutkan sidang paripurna dengan agenda pandangan fraksi umum DPRD kota yang berlangsung lancar. Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu, Irman Sawiran SE dan Wakil Ketua II Sandy Bernando ST.

Dalam paripurna tersebut, Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda menyampaikan pengantar nota keuangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 Kota Bengkulu. Disampaikan Wawali, pendapatan asli daerah dirancang sebesar Rp 933,6 miliar terdiri dari pendapatan asli daerah, Rp 86,5 miliar, dana perimbangan Rp 687 miliar, dan lain-lain pendapatan yang sah Rp 159 miliar. Sedangkan belanja tahun anggaran 2014 dirancangm Rp 982,8 miliar terdiri dari belanja langsung Rp 564,8 miliar dan belanja tidak langsung Rp 418 miliar. Sedangkan pembiayaan daerah terdiri dari penerimaan pembiyaan Rp 53,1 miliar dan pengeluaran pembiayaan Rp 3,9 miliar.

“Pada sisi pendapatan APBD semula sebesar Rp 921 miliar dibandingkan dengan pendapatan APBD-perubahan tahun anggaran 2014 sebesar Rp 933,6 miliar. Maka perubahan APBD ini jumlah pendapatan mengalami kenaikan sebsar Rp 11,9 miliar. Sedangkan pada belanja  APBD semula Rp 948 miliar, jika dibandingkan belanja APBD perubahan sebesar Rp 982 miliar. Maka perubahan APBD ini jumlah belanja mengalami kenaikan sebesar Rp 34,3 miliar,” papar Wawali.

Sementara setelah Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda menyampaikan pengantar nota keuangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 Kota Bengkulu. Kemudian sidang dilanjutkan dengan pembacaan pandangan fraksi umum. Dari keenam fraksi yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Fraksi PAN, Fraksi Kebersamaan dan Fraksi Solidaritas sepakat bahwanya Rancangan Perubahan APBD 2014 dibahas bersama.

Seperti pembacaan dari Fraksi Demokrat yang dibacakan oleh Mirwan, bahwasanya partai Demokrat sepakat rancangan APBD Perubahan 2014 dibahas. Namun ada beberapa catatan penting yang harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Bengkulu seperti halnya menyelesaikan MoU PTM-Mega Mall, pembayaran transportasi guru harus dilakukan harus tepat waktu. \"Dan yang terpenting lagi pemkot harus memperbaiki insfratuktur jalan dalam kota secara keseluruhan,\" kata Mirwan.

Kemudian pandangan Fraksi PKS, Nuharman, SH menyarankan perubahan APBD lebih kepada arah menunjang program walikota dan program kesejahteraan bagi masyarakat. \"Pada intinya kita setuju dilakukan pembahasan. Namun seperti program samisake harus dijalankan dengan semestinya, serta program efektivitas bagi masyarakat lainnya,\" ujarnya.

Selanjutnya sidang paripurna DPRD Kota Bengkulu akan dilanjutkan pada Senin (21/7) mendatang, dengan agenda jawaban Walikota Bengkulu atas pandangan fraksi umum DPRD Kota Bengkulu. (009/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: