Dukcapil Desak Warga Tuntaskan e-KTP

Dukcapil Desak Warga Tuntaskan e-KTP

TALANG EMPAT, BE- Meski target rekam e-KTP sudah memasuki 85% dari total target perekaman. Namun Dukcapil tetap mendesak warga yang belum melakukan rekam data menuntaskan perekaman. Usai pembagian kartu e-KTP beberapa hari lagi, Dukcapil minta perekaman e-KTP di Benteng pun tuntas.

\"Sampai saat ini masih tetap berjalan terus, baik perekaman ataupun pembagian e-KTP. Selama 3 hari ini kami turun ke seluruh kecamatan memotivasi Kades dan Sekdes agar menghimbau masyarakat yang belum segera merekam datanya,\" ujar Kabid Kependudukan, Adnan Kasidi.

Meski demikian, tak ada sanksi yang diberikan pada warga, bila mereka tak melaksanakan rekam e- KTP tersebut. Karena perekaman terus berjalan untuk kepentingan pembuatan identitas penduduk.

\"Bila program E-KTP  tahun 2012 tuntas, berikutnya warga yang membuat e-KTP dikenakan biaya sekitar Rp 35 ribu perorang, kalau sekarang masih gratis,\" ujar Adnan.

Sementara itu, Camat Merigi Sakti H Mustar Yusuf mengemukakan sudah 86% warganya yang merekam e-KTP.  Sejauh ini sekitar 40% kartu e-KTP sudah sampai di kecamatan dan siap dibagikan. Adapun sisa warga yang belum merekam itu disebabkan banyak faktor, yaitu adanya data ganda, banyak warga meninggal, pindah alamat, dan faktor usia (uzur). \"Kalau 100% tidak akan tercapai,\" ujar Mustar.(122)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: