Bawaslu Imbau Timses Lapor jika Ada Salah Rekapitulasi

Bawaslu Imbau Timses Lapor jika Ada Salah Rekapitulasi

JAKARTA,BE - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau kepada kedua tim sukses (timses) calon presiden dan calon wakil presiden, agar melaporkan jika ada kecurangan dan kesalahan di rekapitulasi suara Pilpres 2014.

\"Jika tim capres menemukan perbedaan rekap, segera laporkan ke Bawaslu. Waktu kita tidak banyak, jadi mohon kerja samanya. Tapi tolong dengan disertai dokumen yang bisa dipertanggung jawabkan,\" kata Ketua Bawaslu, Muhammad, di Kompleks Pondok Labu Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (12/7/2014).

Muhammad mengaku, saat ini sudah ada beberapa laporan yang masuk ke Bawaslu. Ia berdalih, hingga tadi malam pihaknya tengah mengkaji guna memastikan apakah dokumen yang dipegang pelapor adalah dokumen yang pas dan dapat dikroscek.

\"Sejauh ini, sejak hari H, ada 36 laporan kecurangan dari sluruh propinsi yang ada. Semalam kita update lagi sampai pukul 02.00 WIB dini hari, kita sedang mengecek apakah laporan itu bisa ditindak lanjuti atau tidak,\" ucapnya.

\"Kita sudah punya instrumen bersama KPU untuk memastikan dokumen itu asli atau tidak. Seperti kasus di pileg (pemilihan legislatif) kemarin, ada temuan dokumen itu tidak sesuai dengan yang dikeluarkan KPU. Sudah diduplikasi,\" imbuhnya.

Saat dikonfirmasi terkait terjadinya kesalahan rekapitulasi suara yang terjadi di di sejumlah TPS, Muhammad mengatakan, pihaknya akan mengkroscek hasil rekapitulasi mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga pusat.

Ia mengaku, sejauh ini pihaknya sudah mendapatka 85 persen C1 sesuai dengan yang diserahkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

\"Tinggal dikroscek asli atau tidak. Tetapi sejauh ini belum ada laporan perubahan rekap dari tingkat desa yang masuk ke Bawaslu. Jika ada, akan kami tindak lanjuti,\" pungkasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: