Bawaslu RI Imbau Turunkan Spanduk

Bawaslu RI Imbau Turunkan Spanduk

BENGKULU, BE - Keberadaan spanduk ucapan selamat terpilihnya Capres-Cawapres Prabowo-Hatta di Kota Bengkulu menjadi sorotan Ketua Bawaslu RI, Muhammad saat datang ke Kota Bengkulu, kemarin (13/7). Ia mengimbau pihak yang memasang spanduk tersebut segera menurunkannya. Sebab apa yang dilakukan, dinilai mendahului keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

\"Saya mengimbau kepada yang memberi ucapan selamat tersebut agar menunda dulu ucapan selamatnya,\" imbau Muhammad. Di sisi lain, katanya, pihaknya menghargai peranan lembaga survey sebagai metode ilmiah yang memberikan informasi sementara terkait hasil Pilpres 2014.

Namun, hendaknya masing-masing pihak harus menahan diri, serta menghargai posisi KPU sebagai penyelenggara pemilihan presiden dan wakil presiden. Sebab keputusan merekalah yang nantinya akan menjadi penentu siapa yang menjadi presiden.

Lebih lanjut dikatakan, jika memang sudah ada yang terlanjur mamasang ucapan selamat, ia akan memerintahkan Panwaslu dan berkerjasama dengan pemerintah daerah untuk menurunkan spanduk tersebut. Sebab, jika dibiarkan akan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik.

\"Saya imbau agar spanduk yang ada di jalan-jalan, sebaiknya tidak dipertahankan karena akan memicu konflik bagi pihak yang lain. Intinya, mari kita bersabar menunggu keputusan KPU RI pada tanggal 22 juli 2014,\" imbuhnya. (cw3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: