Warga Diminta Ikut Jaga Kemamanan

Warga Diminta Ikut Jaga Kemamanan

CURUP, BE - Meningkatnya aksi kriminalitas yang belakangan terjadi di wilayah hukum Rejang Lebong (RL) diibaratkan Kapolres RL, AKBP Edi Suroso SH seperti teori balon.  Yaitu disaat satu sisi ditekan, maka sisi lainnya akan menggelembung.  Dan menurut Kapolres, kejadian seperti ini hampir merata di seluruh Indonesia.

\"Di saat kita fokus pengamanan di daerah Lembak, khususnya pada saat pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Presiden kemarin, setidaknya hampir seluruh personil Polres RL diturunkan untuk melakukan pengamanan Pilpres, khususnya di kawasan rawan kriminalitas seperti jalur Lintas Curup – Lubuk Linggau. Tetapi, di saat yang bersamaan, justru pelaku kriminalitas beraksi di kawasan lain yaitu wilayah perkotaan Curup dan sekitarnya,\" terang Kapolres.

Untuk itu, Kapolres meminta bantuan dan kesadaran penuh dari seluruh warga Kabupaten RL untuk ikut menjaga keamanan di wilayah sekitar tempat tinggal masing-masing.  Dengan saling menjaga keamanan di wilayah masing-masing ini, maka para pelaku kejahatan atau kriminalitas tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan aksinya.

Menurut Kapolres, cara yang dilakukan masyarakat untuk menjaga keamanan tersebut sangatlah mudah. Diantaranya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaktifkan kegiatan Siskamling serta  tidak membawa barang berharga saat melakukan perjalanan, tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, memberi pengaman tambahan pada kendaraan serta tidak melakukan perjalanan jauh sendirian.

\"Kewaspadaan tersebut sangat perlu dilakukan, terlebih lagi saat mendekati pelaksanaan Idul Fitri nanti, karena tidak menutup kemungkinan, para pelaku terus mengincar target untuk dijadikan korban, seperti rumah yang ditinggalkan mudik lebaran,\" ujar Kapolres.

Sementara itu saat disinggung mengenai perkembangan kasus perampokan yang menimpa Lidia (21), seorang Mahasiswi Akademi Kebidanan RL warga Desa Batu Panco Kecamatan Curup Utara, Rabu (9/7) lalu, Kapolres mengaku saat ini petugas masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut.

\"Petugas masih melakukan penyusuran jejak pelaku. Kami harap, warga yang mengetahui informasi terkait aksi perampokan tersebut dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian,\" harap Kapolres. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: