Musim Tanam Padi Digelar Serentak

Musim Tanam Padi Digelar Serentak

TUBEI, BE - Memasuki musim tanam di tahun 2013, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lebong mulai melakukan pencanangan program tanam dan panen 2 kali setahun. Persiapannya akan dimulai bulan ini. Dengan begitu diharapkan dapat mengembalikan era keemasan Kabupaten Lebong sebagai produsen terbesar beras di Provinsi Bengkulu.

Kita juga melakukan percepatan untuk menghindari terjadinya gagal panen yang dapat merugikan masyarakat,\" kata  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Lebong Ir Rudi Panca Warman.

Selain itu, pihaknya sendiri meyakini jika musim tanam ini diikuti semua petani di Kabupaten Lebong. \"Kita juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan yang sudah kita lakukan beberapa tahun belakangan ini. Sehingga, hasilnya pun dapat dinikmati oleh masyarakat,\" ucap Rudi.

Disamping itu, sebagai upaya untuk menghindari terjadinya gagal panen, pihaknya juga melakukan perubahan pola tanam yang selama ini dilakukan. Perubahan pola tanam ini, sebutnya, seperti padi-ikan atau padi-palawijaya. \"Tetapi ini juga melihat potensi dari masing-masing wilayah. Jika memang ternyata di satu wilayah ini tidak bisa dilakukan tanam padi-padi, maka bisa dilakukan dengan padi-ikan. Sehingga, gagal panen pun dapat terhindari dan masyarakat tetap mendapatkan pendapatan ekonomi yang layak dari sistem seperti ini,\" pungkas Rudi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: