Senin, Mendagri Lantik Junaidi

Senin, Mendagri Lantik Junaidi

\"mendagri-minta-kekerasan-di-papua-diusut\"BENGKULU, BE - Kepastian pelantikan pelaksana tugas Gubernur H Junaidi Hamsyah SAg MPd sebagai gubernur definitif menemui titik terang. Mendagri Gamawan Fauzi menjadwalkan pelantikan dilakukan Senin, 17 Desember 2012.

Kepastian ini diketahui setelah Sekretariat Kemendagrimengirimkan faksimili pemberitahuan ke Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu dan  ada komunikasi langsung dengan Sekretaris Provinsi Drs H Asnawi A Lamat MSi dan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Drs Hamka Sabri. Dalam faksimili yang ditujukan kepada Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu dari Kemendagri bernomor T.121.17/7134/OTDA memerintahkan agar rapat Paripurna istimewa dilaksanakan Senin (17/12) nanti pukul 09.00WIB. \"Faksimili inilah dasar kita menggelar rapat persiapan dengan instansi terkait,\" ujar Sekdaprov, Drs H. Asnawi A Lamat, MSi usai rapat persiapan pelantikan Gubernur Bengkulu di ruang rapat gubernur kemarin.

Dari rapat itu, semua instansi terkait terlihat siap dengan tugas dan fungsinya masing-masing.  Selain pelantikan gubernur definitif, di Gedung Daerah juga akan dilangsungkan pelantikan atau pengukuhan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu oleh istri Mendagri. Sedangkan usai pelantikan juga dilangsungkan penyerahan DIPA APBN tahun 2013 yang dihadiri seluruh Bupati/Walikota, FKPD dan SKPD. Pada hari Minggu (16/12) dijadwalkan juga kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, yang akan  mengisi kuliah umum di Universitas Bengkulu pada Senin, (17/12).  Pada saat itu juga, Bengkulu bakal kedatangan  26 rombongan Komisi III DPR RI  ke Bengkulu.

“Pelantikan Gubernur tidak mungkin bisa diundur. Untuk itu, segera dikoordinasikan besok, agar jadwal kunjungan Komisi III DPR RI jadwalnya diundur jadi sore sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Asnawi.

Asnawi meminta Dishubkominfo melakukan komunikasi dengan pihak Menkominfo. Agar tidak terjadi miss komunikasi dan berharap bisa berjalan sinergi. Untuk Komisi III DPR RI, Asnawi meminta Biro Umum berkoordinasi dengan Sekretariat DPR RI.

Di sisi lain, Sekretaris DPRD Provinsi, Sofwin Syaiful, SH mengatakan, undangan yang akan disebarkan sebanyak 1.025. Dari total undangan itu hanya 400 undangan saja yang bisa masuk ke dalam ruang pelantikan dengan kode undangan A.  \"Seperti disampaikan Sekda tadi, kita akan mengundang Gubernur dari Provinsi tetangga dan tokoh-tokoh Nasional asal Bengkulu,” ujarnya.

Dalam rapat persiapan, Asnawi mengintruksikan Dinas Pariwisata menyiapkan acara ramah tamah yang digelar pada Minggu (16/12) malam di Gedung Daerah. Dengan konsep acara santai dan mengutamakan seni pertunjukkan asli Bengkulu. Tujuannya untuk memberi hiburan sembari istirahat tamu undangan dari luar Provinsi, terutama Mendagri dan Gubernur Provinsi tetangga yang hadir.

Di sisi lain,  Kapolres Bengkulu AKBP Joko Suprayitno yang hadir dalam rapat persiapan pelantikan memaparkan tentang konsep pengamanan. Menurutnya, kepolisian akan menyiapkan metal detector dan mirror detector untuk mensterilkan lokasi pelantikan dari ancaman bom dan benda berbahaya lainnya. \"Pada pelaksanaan pelantikan nanti, sekitar Gedung DPRD Provinsi tidak bisa dilewati oleh siapapun. Kecuali yang memiliki undangan resmi dan tanda pengenal dari panitia,\" katanya.

Ia belum bisa memastikan berapa jumlah personel yang diterjunkan untuk mengamankan jalannya pelantikan.  “Karena besok (hari ini) kita mau rapat lagi. Pada intinya kami dari kepolisian diback up TNI dan yang lain siap mengamankan acara sehingga berjalan lancar. Kami akan lakukan format pengamanan pelantikan,” tegasnya.

Sementara itu, Korem 041 Garuda Emas didalam rapat persiapan menyatakan siap memback up kepolisian. “Pelantikan gubernur merupakan pesta provinsi, jadi harus aman. Kami berharap pihak Polda yang sebagai leading sektornya menggelar rapat bersama Korem 041 Gamas untuk memetakan kondisi di lapangan,” ujar Kasrem 041 Gamas, Letnan Kolonel Inf. Bedali Harefa.

Sementara itu DPRD Provinsi dijadwalkan hari ini, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi akan menggelar rapat hari ini (14/12) pukul 09.00. Menurut Anggota Banmus DPRD Provinsi, Drs. Inzani Muhammad, Lembaga Dewan sangat mendukung pelantikan Gubernur Bengkulu.  “Pukul 14.00 WIB langsung dilaksanakan paripurna untuk menetapkan jadwal pelantikan Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan 2010-2015. Jadi usai rapat Banmus, langsung ditetapkan dalam Paripurna,” ujar Inzani.(100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: