Belgia Hapus Harapan Terakhir Asia

Belgia Hapus Harapan Terakhir Asia

SAO PAULO - Tamat sudah riwayat tim-tim Asia di Piala Dunia Brasil 2014. Korea Selatan (Korsel) menjadi wakil Asia terakhir harus angkat kaki setelah kalah 0-1 dari Belgia, Jumat (27/6) dini hari WIB. Dengan hasil itu maka tidak ada satupun tim Asia yang bersaing di babak 16 besar.

Gol tunggal pembunuh Korsel  dicetak oleh Jan Vertonghen pada menit ke-77. Kemenangan ini membuat Belgia keluar sebagai pemuncak klasemen akhir Grup G  dengan sembilan poin dari tiga kali menang. Sedangkan Korsel pulang dengan status juru kunci grup dengan satu angka.

Selain Korsel, Asia sebelumnya mengirim tiga wakil lainnya di Piala Dunia edisi ke-20 ini. Yakni Australia, Jepang dan Iran.

Dalam perjalanannya  Australia menjadi tim Asia pertama yang gugur setelah kalah bersaing dengan Belanda dan Chili  di Grup B. Tim Negeri Kanguru tersebut pulang bersama juara bertahan Spanyol yang juga harus angkat kaki lebih dulu.

Nasib tragis Australia kemudian menular ke Jepang.  Tim Samurai Biru -julukan Jepang- juga harus pulang lebih dulu setelah kalah bersaing dengan Kolombia dan Yunani di Grup C.

Dari tiga laga yang dijalani, Jepang belum pernah sekalipun menang. Sekali bermain imbang membuat mereka tertahan klasemen akhir  dengan satu angka. Di Grup C, Jepang tersingkir bersama wakil Afrika, Pantai Gading.

Apa yang dialami Jepang turut juga terjadi pada Iran. Wakil Asia Tengah ini juga harus angkat kaki setelah takluk oleh Bosnia Herzegovina pada laga terakhir Grup F, Rabu (25/6) malam WIB.

Iran tersingkir  setelah menempati dasar klasemen akhir Grup F dengan satu poin. Meski menang, Bosnia harus sama-sama pulang bersama Iran. Grup ini mengutus Argentina dan Nigeria sebagai perwakilan di babak 16 besar.(zul/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: