Produksi Ikan Nila Naik

Produksi Ikan Nila Naik

Produksi ikan Nila di Kabupaten Mukomuko mengalami kenaikan pada tahun 2012 ini. Produksi ikan mencapai angka 255,45 ton atau mengalami kenaikan mencapai 30 persen jika dibandingkan tahun 2011 lalu yang hanya mencapai 196,5 ton.Kenaikan prodiksi ikan nila itu  kata Azbas dikarenakan jumlah benih ikan nila yang dibagikan kepada kelompok budidaya ikan (Pokdakan) yang diambil dari balai benih ikan (BBI) yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Pinang juga mengalami kenaikan. \"Paling tidak mengurangi jumlah impor ikan yang terjadi selama ini berkat kenaikan produksi ikan itu,\" kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto SP melalui Kabid Perikanan Budidaya, Azbas Novyan.

Dibeberkannya pada tahun 2011 lalu sebanyak 253 ribu ekor dan di  tahun 2012 sebanyak 278 ribu  ekor benih ikan yang telah dibagikan kepada kelompok budidaya ikan  se Kabupaten Mukomuko. Melihat dari jumlah tersebut , kelompok yang mendapatkan benih ikan tersebut dinilai melakukan budidaya ikan dengan baik dan optimal. Hanya tinggal dilakukan peningkatan sehingga setiap tahunnya budidaya ikan nila  produksinya  lebih meningkat.  Walaupun produksi ikan nila cukup banyak, namun belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pasalnya, selama ini ikan yang sering dijual di pasar-pasar tradisional dan ikan tersebut masih banyak dipasok dari luar daerah.\"Kedepannya  Pokdakan diharapkan mengubah cara budidaya ikan nila sehingga ikan yang dibutuhkan masyarakat selalu tersedia  dan tidak perlu lagi adanya pasokan  dari luar daerah,\" harapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: