Wabup Minta Berdayakan Penyuluh

Wabup Minta Berdayakan Penyuluh

TAIS, BE - Wakil Bupati Mufran Imron SE meminta Badan Penyuluhan Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (BP4) Seluma memberdayakan penyuluh. Pasalnya, selama ini sumber daya penyuluh yang ada belum berkontribusi maksimal.

“Semua penyuluh harus bisa dimanfaatkan. Agar mereka lebih aktif dan lebih bermutu, kapasitas penyuluh juga harus ditingkatkan,” kata Mufran.

Dikatakannya, setiap tenaga penyuluh juga harus memiliki tangungjawab terhadap kemajuan masyarakat binaannya masing-masing. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan hasil di lokasi yang menjadi tangung jawab mereka. Dicontohkannya, Kecamatan SA dan SAM dikembangkan masalah peternakan.

Contoh di kecamatan lainnya, katanya, masalah pertanian dan peternakannya. Serta manfaatlainya adalah menjadikan mereka unung tombak dari alih fungsi lahan tersebut. “Jika peyuluh ini benar-benar dimanfaatkan maka mereka kuga bisa berperan sebagai ujung tombak dari alih fungsi lahan yang selalu mengingatkan warga,” sampainya.

Menurutnya, di wilayah lain petugas penyuluh memang benar-benar bekerja dengan baik. Kemudian secara rutin memberikan arahan kepada masyarakat di wilayah tugasnya. Sehingga masyarakat petani dengan mudah menyerap pengetahuan pertaniannya. “Kalau di Kabupaten Seluma yang ada malahan masyarakat yang memberikan pelajaran kepada petugsnya, justru  terbalik,” tegasnya.

Melalui APBD, katanya, Pemkab juga akan mengusulkan peningkatan fasilitas untuk para penyuluh pertanian. Termasuk pengadaan kendaraan dinas dan yang lainnya. Sehingga mereka bisa lebih giat memberikan penyuluhan kepada masyarakat. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: