TNKS Mesti Berikan Kontribusi

TNKS Mesti Berikan Kontribusi

TUBEI, BE - Terkait minimnya kontribusi pengelola Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) terhadap masyarakat Kabupaten Lebong yang tinggal sekitar kawasan itu, mendapat sorotan dari Yayasan Akar Provinsi Bengkulu.

Menurut Deputi Direktur Yayasan AKAR, Sugihan Bahanan, pihak TNKS seharusnya berupaya memberikan usaha atau upaya lain agar masyarakat di sekitar TNKS tidak lagi ketergantungan dengan hutan tersebut.

\"Selama ini masyarakat bahkan dari nenek moyangnya dulu selalu menggantungkan hidupnya dari hutan TNKS tersebut. Sehingga jika tidak ada kontribusi yang jelas, maka akan sangat sulit untuk mencegah masyarakat untuk masuk ke dalam hutan tersebut, apalagi hal ini menyangkut masalah perut,\" ujar Sugihan.

Dikatakan Sugihan, salah satu contoh solusi agar masyarakat di sekitar kawasan tidak merusak atau masuk ke htan harus diberikan usaha lain seperti bantuan pengembangan itik, ikan, sapi atau sebagainya yang berbasis ekonomi kerakyatan. Sehingga dalam mempertahankan hidup, masyarakat tidak hasrus masuk ke hutan.

Sebelumnya, Camat Pinang Belapis, Rahmandani SSos mengatakan, jika masyarakat di sekitar kawasan TNKS hanya sebagai satpam untuk menjaga kelestarian TNKS, namun kontribusi yang diberikan oleh pihak TNKS di tahun 2012 ini tidak sebanding dengan apa yang dilakukan oleh warga dalam menjaga TNKS tersebut.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: