MA Swasta akan Dinegerikan

MA Swasta akan Dinegerikan

TAIS, BE- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma tahun 2013 mendatang memastikan akan mengusulkan sejumlah madrasah swasta yang ada di Kabupaten Seluma untuk dinegerikan. Saat ini Seluma memiliki 21 madrasah swasta yang dibawa binaan Kemenag, terdiri dari 13 Madrasah Ibtidaiayah (MI), 5 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 3 Madrasah Aliyah (MA).

Dikatakan Kepala Kantor Kemenag Seluma  H Sipuan SAg MM usulan tersebut akan diajukan pihaknya ke Kementrian Agama. Namun, sejauh ini pihaknya belum mendapat kepastian madrasah swasta mana saja yang akan ikut diusulkan tersebut. Karena, sebelum mengajukan ulusan itu, pihak madrasah sendiri diminta untuk memenuhi memenuhi persyataran yang telah ditentukan. \"Kita ingin mengusulkan semua madrasah swasta untuk dinegerikan. Sekarang kita sedang meminta madrasah yang ada untuk melengkapi persyaratannya,\" kata Sipuan.

Diantara syarat tersebut, madrasah minimal memiliki murid 100 orang. Kemudian memiliki lahan yang bersertifikat dan memiliki gedung sendiri. Selain itu, tidak berada di bawah naungan yayasan. Dijelaskannya, jika madrasah merupakan milik yayasan, maka Kementrian Agama tidak akan menyetujui usulan penegerian. \"Yang penting syarat utama penegerian itu punya murid yang banyak, punya lahan dan gedung sendiri serta bukan milik yayasan,\" pungkas Sipuan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: