Waspadai Modus Baru Ranmor

Waspadai Modus Baru Ranmor

BINTUHAN, BE- Polres Kaur mewaspadai modus baru pencurian sepeda motor (ranmor). Saat ini, sebagai sasaran empuk pelaku untuk dijadikan target pencurian. Pihak polisi menemukan satu bentuk operasi baru dalam pencurian antar Provinsi Palembang-Lampung-Bengkulu. Tindakan  curanmor ini terbilang unik, karena pelaku hanya menggunakan sepeda dalam melancarkan aksinya, ada juga pura-pura tersesat jalan. \"Kita sudah melakukan evaluasi terhadap modus baru ini, karena Kaur saat ini terus menjadi sasaran baik pelaku lama dan baru sebgai jaringan,\" ujar Kapolres Kaur AKBP Andi Kirnanda SH MH kepada wartawan, kemarin.

Dikatakanya, saat ini yang ditekankan pihak Mapolda bengkulu  untuk mengawasi modus pencurian ini sudah mulai marak, oleh karena itu dengan dibukanya jalan khususnya kabupaten Kaur-Oku Selatan dan Kaur-Lampung memudahkan pelaku untuk bertransaksi kepada pelaku lainnya. \"Mereka bakal membuat jaringan ranmor tersendiri di Kaur ini, kemudian mereka akan menjual ke daerah lain berkerjasama jaringan Lampung dan Oku Selatan. Hal ini yuang harus dievaluasi,\" jelasnya.

Selain  itu juga, kasus yang saat ini juga tergolong khusus yakni peredaran narkoba  khususnya ganja dan sabu-sabu. Karena kabupaten Kaur sebagai target bukan penyelundup tetapi penghasil, karena dugaan ini bisa jadi karena maraknya  peredarana daun haram tersebut. \"Untuk membuktikan lokasi mana memang  saat ini sulit, namun peredaran nampak diwilayah Kaur, oleh karena itu  pihaknya siap melakukan evaluasi terhadap ranmor dan peredaran ganja  tersebut,\" jelasnya.

Untuk mempersiapkan tahun 2013 nantinya, lanjut Kapolres, pihaknya akan membangun kemitraan kepada  masyarakat, khususnya pembinaan dan juga membangun kebersamaan untuk  memberantas ranmor. Memang akhir-kahir ini sepanjang tahun 2012 sangat  mengejutkan pencurian, dibanding tahun 2011 yang lalu. \"Kita tetap siaga  tahun 2013 dengan harapan memutuskan jaringan ranmor tersebut,\"  jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: