Dispertan Janjikan Mesin Perontok Padi

Dispertan Janjikan  Mesin Perontok Padi

PINANG BELAPIS,BE - Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu ditahun 2013 mendatang akan memberikan bantuan berupa peralatan pertanian kepadapara kelompok tani di Kabupaten Lebong. Selain pemberian bantuan, pihaknya juga akan melakukan program Percetakan sawah baru dan Optimasi Lahan persawahan yang saat ini tidak digunakan atau lahan tidur. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Ir Edi Nevian kepada wartawan saat mendampingi reses Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Kurnia Utama SSos MSi ke Desa Ketenong Kecamatan Pinang Belapis beberapa waktu lalu.

\"Ya berkat dukungan Pak Ketua DPRD, insya Allah akan membantu petani di peralatan-peralatan pertanian cuma handtractor saja yang tidak ada pengadaan di tahun 2013 mendatang, tetapi untuk mesin perontok padi, sampai ke terpal, bibit, racun dan lainnya kita siap untuk diberikan kepada petani,\" jelas Edi Nevian.

Dikatakan Edi, Dinas Pertanian Provinsi juga di Tahun 2013 mendatang ada program optimalisasi lahan serta program percetakan sawah baru. Namun untuk program percetakan sawah baru seperti di Desa Ketenong yakni untuk lahan yang sudah pernah dicetak sebagai sawah dan saat ini sudah menjadi hutan kembali tidak bisa untuk diulang kembali dikarenakan hal tersebut melanggar undang-undang.

\"Nah untuk lahan-lahan yang sudah dicetak pada tahun 2007 atau 2008 lalu walaupun sudah menjadi hutan kembali tidak boleh dicetak lagi, namun kita memiliki peluang untuk program optimalisasi lahan artinya saat ini lahan tersebut tidur dan akan kita buka kembali, tetapi bukan cetak sawah,\" kata Kadis Pertanian Provinsi.

Selain itu, untuk program percetakan sawah baru yakni untuk lahan yang memang belum pernah dicetak selama ini dan hal tersebut juga akan menjadi program Dinas Pertanian Provinsi untuk menambah luasan lahan persawahan di Kabupaten Lebong yang saat ini sudah berkurang akibat sudah banyak yang dibangun rumah. \"Ya unutk target jumlah berapa luas lahan yang akan dilakukan percetakan sawah baru saat ini sedang diidentifikasi. Artinya kita tidak dapat memberikan angka sebelum adanya konsultan yang datang melihat kondisinya, kalau memang kondisinya belukar mungkin untuk satu hektarnya lebih kurang 7 juta untuk buka sawah baru. Namun kita lihat saja nanti,\" pungkas Edi Nevian.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: