Aspal Jalan 46 Desa, Butuh Dana Rp 7 M

Aspal Jalan 46 Desa, Butuh Dana Rp 7 M

BINTUHAN, BE-  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaur  mengusulkan  dana ke pusat untuk pembangunan jalan  46 desa tersebar di 15 kecamatan. Mengingat jalan desa  tersebut sangat layak dibangun aspal lantaran sudah 9 tahun belum pernah tersentuh bangunan.  Ditambah bangunan jalan desa tersebut ada sebagian bangunan jembatan.  \"Anggaran itu nantinya sudah termuat dalam program pembangunan jalan lingkungan, setidaknya ada 46  desa yang sudah di plot namun semuanya tergantung DPRD Kaur,\" ujar Kadis PU Jon Harimol SSos,  kemarin.

Dikatakanya, pihaknya telah mengusulkan dana untuk pembangunan jalan desa senilai Rp 15 miliar ke  Dirjen PU nantinya. Saat ini proposal sudah dibuat tinggal evaluasi bupati. Disamping itu juga pihaknya juga mengusulkan dana dari APBD 2013, namun akan dibahas pada RKA  senilai Rp 7 miliar untuk lanjutan pembangunan jalan terpencil ada sekitar 46 desa tersebut. \"Walapun dana tersebut belum turun tahun ini, namun usulan tersebut akan masuk dalam APBN Dirjen  PU tahun 2013, sehingga 46 desa tersebut sudah masuk ke pusat untuk diusulkan pembangunanya,\"  jelasnya.

Dijelaskanya, 46 desa tersebut diantaranya yang belum sama sekali mendapat bantuan yakni Jalan dalam Desa Suku Tiga dan Benteng Harapan Kecamatan Nasal, disana banyak jalan dalam desa yang belum dibangun bahkan jalan tersebut merupakan jalan pemukiman. Namun belum tersentuh oleh bangunan. Kemudian ditambah Desa Sinar Banjar Kecamatan Tetap disana terdapat jalan berpasir, Desa Tanjung Aur, Desa Air Bacang Kecamatan Maje sepanjang 12 Kilometer  hingga kini rusak parah. Kemudian masih ada  desa lainnya yang kesemuanya mencapai 46 desa dari 114 desa butuh pembangunan jalan.

\"Memang sebelumnya sudah kita cek ke desa-desa, sehingga ada 46 desa yang sangat layak dibangun. Oleh karena itu kita akan mempercepat proses pengusulanya ke pusat,\" katanya. (823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: