Data Penduduk Seluma Menyusut

Data Penduduk Seluma Menyusut

TAIS, BE - Data jumlah penduduk Seluma menyusut. Ini lantaran penggunaan sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online dari kecamatan langsung ke data center pusat, sehingga sistem tersebut dapat mengindentifikasi data penduduk ganda. Data penduduk menurun dari 225 ribu jiwa lebih menjadi tinggal 204.609 jiwa.

Hal tersebut terungkap dari data agregat kependudukan yang diserahkan Plt Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Seluma, kemarin (6/12). Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Seluma, H Herkules Jeraim SH MH mengakui, penurunan data jumlah penduduk tersebut didapat setelah dilakukan pemuktahiran data oleh pihaknya.

Dijelaskannya, perekaman data penduduk terbaru dalam perekaman e-KTP, yang menggunakan SIAK dapat melihat penduduk yang memiliki KTP ganda. Sehingga kini, setiap orang tak bisa lagi memiliki KTP ganda, karena akan terlacak pada sistem data kependuduk se-Indonesia.

Sementara itu, Plt Bupati Bundra Jaya dalam kesempatan membacakan teks pidato Mengadri Gamawan Fauzi di KPUD Seluma, mengatakan bahwa data penduduk tersebut nantinya akan menjadi pedoman bagi KPU untuk menghadapi Pemilu 2014. Akan sangat terkait dengan penentuan jumlah pemilih tetap, jumlah daerah pemilihan (dapil), dan jumlah anggota dewan yang akan duduk di kantor DPRD Seluma.

“Data penduduk yang ada ini sudah tidak ganda. Sehingga data kependudukan yang diserahkan ini sudah tercover dari Dirjen  Kependudukan dan Catatan Sipil pusat dan diterima oleh KPU,” kata Bundra Jaya. Sementara itu, penyerahan data penduduk tersebut diterima langsung oleh Ketua KPUD Seluma Drs H Faisal Bustamam beserta sejumlah anggota KPUD Seluma lainnya. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: