Pemkab Lebong Tak Pernah Ajukan Dana ke Provinsi

Pemkab Lebong Tak Pernah  Ajukan Dana ke Provinsi

PINANG BELAPIS, BE - Minimnya dana anggaran APBD Provinsi Bengkulu yang mengucur ke Kabupaten Lebong bukan tanpa alasan. Ternyata selama ini Pemkab Lebong tak mengajukan proposal pembangunan saat penyusunan APBD Provinsi Bengkulu. Fakta ini dibeberkan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Kurnia Utama SSos MSi saat melakukan reses di Kantor Camat Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong.

\"Selama ini ada yang bilang pihak provinsi tidak mau membantu Kabupaten Lebong. Nah bagaimana kita mau membantu kalau dalam penyusunan anggaran APBD tidak pernah ada pengajuan proposal kepada kita. Seharusnya pemerintah daerah menyampaikan apa yang harus dibangun sehingga untuk pendanaanya bisa di bahas dan di anggarkan. Jadi tidak ada itu Provinsi membeda-bedakan setiap kabupaten. Kalau daerah lain saat penyusunan anggaran mereka berduyun-duyun mengajukan proposal sehingga mereka mendapatkannya,\" kata Kukun sapaan Kurnia Utama.

Dijelaskan Kukun, pihaknya di DPRD Provinsi maupun Pemda Provinsi tidak mengetahui secara persis apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Lebong. Seharusnya Pemkab Lebong yang berperan aktif dalam menyampaikan hal tersebut ke pihak Provinsi. \"Seperti belum lama ini, Camat Pinang Belapis telah menyampaikan kepada saya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan di Ketenong sebesar Rp 400 juta. Namun saya pikir dana Rp 400 juta tersebut tidak akan cukup untuk pembangunan jalan Tambang Sawah - Ketenong kalau kita lihat kondisinya seperti ini. Makanya kita anggarkan sebesar Rp 3 miliar untuk pembangunan jalan hotmix dan pemasanag bronjong di wilayah Kecamatan Pinang Belapis ini. Saat pembahasan anggaran Dinas PU saya lihat dana pembangunan jalan tersebut sudah dialokasikan,\" jelas Kukun.

Dalam kegiatan reses Ketua DPRD Provinsi Bengkulu tersebut di Kecamatan Pinang Belapis didampingi beberapa Kepala SKPD dari Pemprov Bengkulu. Seperti Kepala Dinas Pertanian Provinsi Ir Edi Nevian, Kepala Dinas Kelautan dan Perkanan Provinsi Bengkulu Ir Bismalinda, kepela Dinas Peternakan drh Irianto, dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Emilson Padalas ST. Sementara dari Pemkab Lebong dihadiri Wabup Panca Wijaya serta beberapa kepala SKPD Lebong dan Camat Pinang Belapis.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: