Bupati Resmikan MCK Plus-Plus

Bupati Resmikan MCK Plus-Plus

AMEN, BE - Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar dari kehidupan masyarakat yang merupakan tanggung jawab pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Demikian disampaikan Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi pada peresmian MCK plus-plus yang digelar di Terminal Muara Aman Rabu (5/12) kemarin. Kegiatan itu dalam rangka peringatan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional di Kabupaten Lebong. Selain itu, dalam peresmian MCK plus-plus yang telah dibangun tersebut, Bupati berharap dengan adanya MCK tersebut dapat memberikan contoh bagi daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Lebong sendiri dalam hal membina dan menciptakan kesehatan bagi masyarakat.

Sebab, MCK adalah sarana yang sangat penting bagi masyarakat karena masih banyak masyarakat yang melakukan MCK di tempat yang tidak layak. \"Saya berharap MCK plus ini dapat memberikan solusi kostruktif dalam menghadapi masalah kesehatan masyarakat sekaligus sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap kebutuhan mengenai kebersihan lingkungan. Mari kita jaga dan pelihara MCK plus ini dengan sebaik baiknya agar dapat menjadi  contoh positif bagi masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang melakukan MCK di sembarang tempat,\" ujar Bupati.

PLT Kepala BLHKP Kabupaten Lebong Ir M Yasin kepada wartawan mengatakan, jika tahun 2012 ini Kabupaten Lebong mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi lingkungan berbasis masyarakat sebesar Rp 700 juta untuk pembangunan 3 unit bangunan MCK (Mandi Cuci Kakus) plus.

Adapun lokasi pembanguan MCK Plus tersebut akan dilakukan di Pasar Terminal Muara Aman, Desa Lebong Donok (Nangai Amen) Kecamatan Lebong Utara, dan UPT Tanjung Agung Kecamatan Pelabai. \"Adapun tujuan dari pembanguan MCK plus tersebut yakni agar tidak terjadi pencemaran lingkungan karena masyarakat melakukan kegiatan MCK di sembarang tempat. Sedangkan untuk pengelolaannya, MCK plus ini nantinya di lakukan oleh kelompok swadaya masyarakat, sedangkan banguan tersebut menjadi kedalam Aset daerah,\" pungkas Yasin.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: