Waria Rentan Terinfeksi HIV/AIDS

Waria Rentan Terinfeksi HIV/AIDS

LEBONG UTARA, BE - Sebanyak 20 waria yang ada di Kabupaten Lebong mengikuti sosialisasi bahaya HIV/AIDS serta cara mencegahnya di Kantor Kelurahan Pasar Muara Aman Pada Rabu (5/12) kemarin.

Jumlah waria yang hadir tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan banyaknya jumlah waria yang ada di Kabupaten Lebong. Karena dari undangan sebanyak 80 peserta, hanya 20 peserta yang hadir.

Kegiatan sosialisasi yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong yang diikuti para waria tersebut merupakan bagian dari kegiatanpihaknya terhadap bahaya terhadap HIV/AID yang hingga saat ini tidak ada obatnya.

\"Memang saat ini untuk HIV/AIDS di Kabupaten Lebong masih sangat sedikit, namun hal tersebut harus kita sosialisasikan tentang bahaya dan cara pencegahan HIV/AIDS. Untuk sasaran sosialisasi kita saat ini yakni para waria, karena dari hasil survey statistik, para waria sangat rentan dan memiliki resiko tinggi terinfeksi virus HIV/AIDS tersebut,\" jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong dr H Iwan Suwarsa MKes kepada wartawan kemarin.

Dijelaskannya, Para penderita HIV/AIDS tersebut terdiri dari laki-laki dan perempuan. Sebab, penyakit tersebut bisa menular kepada siapapun, termasuk diantaranya bisa menular kepada waria.

Ia menilai, rentannya penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Lebong dapat ditekan bila berbagai pihak mampu bekerja sama, seperti KPA, tokoh agama, masyarakat serta para pemuda, dan pihak lainnya. \"Kita berharap setelah dilakukan sosialisai ini, dapat menekan bahaya terhadap tertularnya virus HIV AIDS di Kabupaten Lebong ini,\" pungkas Iwan.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: