Gaji City Jauh di Atas Liverpool

Gaji City Jauh di Atas Liverpool

LIVERPOOL memang berhasil mengalahkan Manchester City pada laga krusial Minggu malam (13/4) WIB. Namun dari sisi pendapatan yang diterima pemain, Liverpool berada jauh di bawah City.

Kalau di atas lapangan Liverpool dan City adalah kekuatan yang seimbang. Kedua tim sekarang ini sedang berkejaran untuk menjadi kampiun Premier League. Kedua tim sama-sama berpeluang untuk mendapatkan gelar. Namun di luar lapangan, The Citizens levelnya jauh di atas City.

Sejak dibeli oleh miliarder asal Uni Emirate Arab Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan pada September 2008, City bermetamorfosis sebagai tim yang sangat mapan.

Deputi Perdana Menteri UEA itu membeli pemain dan menggajinya dengan harga mahal. Gelandang seperti Yaya Toure misalnya, digaji melangit mencapai GBP 200 ribu perpekan (Rp 3,8 miliar).

Dalam enam musim terakhir, rata-rata gaji pemain City mencapai GBP 5,3 juta (Rp 101,2 miliar). Setiap pekan, pemain dibayar rata-rata mencapai GBP 102,6 ribu (Rp 1,9 miliar). Dari seluruh tim olahraga di dunia, jumlah gaji pemain City adalah yang tertinggi. Mereka di atas klub Major League Baseball (MLB) New York Yankees dengan selisih yang tidak terlalu jauh.

\"Jumlah itu kontras dengan gaji pemain Liverpool yang jauh berada di bawah,\" ucap Ian Ladyman, jurnalis asal Inggris seperti dilansir Daily Mail.

Rata-rata pemain Liverpool dibayar GBP 3,4 juta (Rp 64,9 miliar) permusim. Artinya dalam setiap pekan, Steven Gerrard dkk hanya menerima GBP 65 ribu (Rp 1,2 miliar).

Dengan gaji yang relatif kecil, Liverpool di bawah kendali Manajer Brendan Rodgers ternyata mampu bersaing di papan atas. Apalagi pemain seperti Luis Suarez dan Daniel Sturridge terus berkembang dari pertandingan ke pertandingan. Mereka sudah siap untuk mendapatkan gelar liga, yang terakhir di dapatkan pada musim 1989-1990.(nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: