RAPBD 2013 Belum Diajukan

RAPBD 2013 Belum Diajukan

TAIS, BE - Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Seluma tahun 2013 dipastikan molor. Bahkan, diperkirakan hingga awal tahun 2013 sendiri APBD belum dapat disahkan anggota DPRD Seluma. Ini disebabkan hingga kini belum ada kegiatan Pemkab Seluma dan DPRD untuk mempersiapkan APBD tersebut.

Wakil Ketua I DPRD Seluma, Jonaidi Syahri BBA SSos tak menampik perihal tersebut. Diakuinya, kemarin dewan baru mengesahkan APBD Perubahan tahun 2012 setelah diverifikasi Gubernur Bengkulu. Tak seperti tahun sebelumnya, biasanya APBD sudah dapat disahkan dengan lancar dalam kurun waktu November dan Desember. Menurut Jonaidi, untuk APBD 2013, kini dewan masih menunggu pengajuan draft RAPBD-nya.

”Selain kita menjdwalkan agenda pembahasan APBD itu, kita juga menunggu usulan dari Pemkab. Tahapan penyusutan APBD itu diawali dengan pembahasan KUA/PPAS, kemudian ada usulan RAPBD. Kemudian dibahas oleh dewan, dan terakhir disahkan,” kata Jonaidi Syahri.

Dijelaskan Jonaidi, APBD itu merupakan dokumen pemerintah daerah yang menjadi pedoman dalam menerima pendapatan daerah sekaligus sebagai pedoman penggunaan anggaran. Program Pemkab Seluma yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2013, harus mengikuti dokumen APBD yang disahkan melalui rapat paripurna DPRD. Selanjutnya, pengesahan APBD 2013 sebaiknya sudah disahkan diakhir tahun 2012, tapi masih bisa ditoleransi pengesahannya hingga awal Januari 2013.

”Semua program dimuat pada APBD. Karena setiap program terkait dengan anggaran. Termasuk juga kalau ada masyarakat yang mengusulkan sesuatu program pembangunan, harus dibahas dulu pada APBD untuk dapat disetujui atau tidaknya,” papar Jonaidi Syahri. Dilanjutkannya, dirinya sebagai pimpinan dewan berharap, pembahasan dan pengesahan APBD 2013 tidak terlalu molor, sehingga program kegiatan Pemkab Seluma tahun depan tidak terganggu. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: