BPN Usulkan 1.000 Persil Sertifikat Tanah

BPN Usulkan 1.000 Persil Sertifikat Tanah

KOTA MANNA, BE - Untuk tahun 2013 mendatang, Badan Pertanahan Nsional (BPN) Kabupaten BS telah mengusulkan kembali 1.000 persil sertifikat tanah melalui program nasional agraria (Prona) ke PBN Pusat. Hal ini diungkapkan  Kepala BPN BS, Antoni Tarigan SH melalui Kasi Pengendalian dan Pemberdayaan, Benny Sihaloho SH kepada BE, kemarin.

\"Namun dari jumlah usulan itu, belum tentu dikabulkan semuanya oleh BPN Pusat, mengingat keputusan di tangan BPN Pusat,\" katanya.

Namun, Benny berharap, agar usulan itu diterima dan direalisasikan untuk warga BS mengingat Prona tahun 2012, pembuatan sertifikat gratis untuk warga BS mencapai 2.500 persil dan semunya sukses. Ditamhah lagi program UMKM (usaha mandiri kecil menengah) sebanyak 100 persil, pertanian 100 persil dan distribusi 500 persil.

Sebab itu dia mengharapkan, dengan adanya program pembuatan sertifikat yang biayanya ditanggung oleh pemerintah ini,  ke depannya semua  lahan warga tidak ada lagi yang tidak ada sertifikat.

Karena, selain menjaga agar lahan itu tidak diklaim menjadi milik orang lain, sertifkat itu juga untuk kepastian hukum bukti kepemilikan lahan. \"Kami berharap dengan adanya program ini, semua lahan warga memiliki sertifikat sebagai bukti kepemilikan,\" terangnya.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: