Januari, Survei Penentuan Dapil

Januari, Survei Penentuan Dapil

TALANG EMPAT, BE- Penentuan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk pemilihan umum akan dilakukan di Bengkulu Tengah. Pasalnya, Benteng saat ini masuk dalam Dapil 4 Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 nanti, KPU  memastikan Benteng memiliki Dapil sendiri. KPU Benteng memastikan survei Dapil ini dimulai bulan Januari 2013 mendatang.

\"Ini baru pertama kali dilakukan, kami belum berani memastikan berapa Dapil yang akan dibentuk. Karena itu memerlukan studi kelayakan, Januari 2013 kami mulai survei,\" terang Supirman SAg, Anggota KPU Benteng Divisi Sosialisasi.

Supirman memperkirakan ada 4 hingga 5 Dapil yang disusun. Penentuan itu dilakukan berdasarkan wilayah geografis. Untuk kecamatan terdekat dengan populasi penduduk yang sedikit, digabung menjadi satu wilayah Dapil. Sedangkan kecamatan yang berpopulasi penduduk tinggi, seperti Pondok Kelapa, dijadikan Dapil tersendiri.

\"Kecamatan Karang Tinggi bisa digabung dengan Talang Empat, juga kecamatan lain. Khusus Pondok Kelapa, yang punya mata pilih 26 ribu, maka bisa jadi dibuatkan satu Dapil (tidak bergabung),\'\' terangnya.

Untuk satu Dapil minimal harus 3 kursi. Jadi kalau Pondok Kelapa bisa jadi sampai 6 kursi. Ditambahkan, dari perhitungan itu, setidaknya ada 32 anggota dewan yang bakal dipilih.

Di sisi lain, Kepala Dukcapil Ismai Yuddin, SSos kemarin mengemukakan ada 108.000 mata pilih di Benteng. Jumlah itu bisa berubah menjelang Pemilu 2014 nanti. Karena penambahan tentu terjadi dalam kurun waktu 2 tahun kedepan. Mulai dari pertambahan penduduk berusia 17 tahun, menikah, Anggota TNI/Polri yang pensiun dan warga pindahan yang sudah berdomisili minimal 6 bulan. \"Kami sudah menerima jumlah mata pilih di Bengkulu Tengah, yang diberikan langsung KPU Pusat ke Bupati. Kamis ini secara resmi Bupati memberikannya ke KPU Benteng,\" jelas Ismai. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: