Poktan Harus Berinovasi

Poktan Harus Berinovasi

DALAM rangka mensukseskan program IKUTT SELUNA yang digulirkan oleh pemerintah Kabupaten Kepahiang. Peran seluruh kelompok tani (Poktan) sangat diharapkan, setiap Poktan harus memiliki inovasi unggulan sendiri.\"Seperti halnya keberadaan poktan harus turut mensukseskan program IKUTT SELUNA. Ini bisa dilakukan dengan hal poktan memiliki inovasi sendiri,\" kata Wakil bupati Kepahiang Bambang Sugianto SH MH.

Menurut wabup, untuk tercapainya inovasi para petani ini dibutuhkan juga peran serta dari tenaga penyuluh pertanian yang ada di Kepahiang saat ini. \"Peran penyuluh untuk lebih giat mensosialisasikan program pemerintah kepada kelompok tani dan masyarakat sangat diharapkan. Dan saya yakin masyarakat mau mendukung program pemerintah ini. Terutama sengon yang Insya Allah akan dibuatkan pabrik pengolahannya tahun ini,\" jelasnya.

Sementara itu, ketua Poktan Sengon Mas Amirudin Dalip menyampaikan berdirinya kelompok tani yang dibina oleh pihaknya memang bertujuan mensukseskan program sengon yang dilaksanakan oleh Pemkab kepahiang saat ini. \"Salah satu inovasi yang sudah dikembangkan yakni memadukan budidaya tanaman sengon dan jagung, dan alhamdulillah beberapa saat yang lalu kita sudah sukses dimana sembari menunggu tanaman sengon panen ada tumpang sari jagung yang bisa dipanen kurang lebih 3 bulan,\" jelasnya.(505)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: