Rawan Meningkat

Rawan Meningkat

BENGKULU, BE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu kembali menggelar Program Jemput Sehat Warga (PJSW) yang dilaksanakan di wilayah Puskesmas Penurunan Kelurahan Padang Jati.  Program jemput sehat kali ini merupakan Triwulan III Tahun 2012. Kegiatan yang disambut antusias warga ini juga dihadiri oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Publik dan Komunitas Dinkes Kota Bengkulu drg. H. Edriwan Mansyur, Kasi Pelayanan Publik Dwi Anggraini SKM, Kepala Puskesmas Penurunan drg. Vini Esawati, Lurah Padang Jati serta beberapa orang staf Dinkes Kota.

Kegiatan PJSW meliputi pendataan dan pemetaan yang dilakukan oleh mahasiswa (kesehatan) yang berfungsi untuk mendeteksi permasalahan yang ada di masyarakat, pembinaan kesehatan, serta pembinaan keluarga rawan kesehatan. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyuluhan kesehatan serta pengobatan oleh Puskesmas Penurunan.   Menurut drg. H. Edriwan Mansyur, pendataan dan pemetaan yang dilakukan oleh mahasiswa dilakukan setiap bulan di tiap kelurahan di Kota Bengkulu.

\"Sampai Triwulan ke-III terjadi peningkatan data untuk keluarga rawan kesehatan, dari 8.447 kepala keluarga (KK) sasaran telah tercapai 7.200 KK atau sekitar 85,2% sedangkan Pada PJSW Triwulan II yang lalu, baru 4.800 KK yang terdata (56,8%),\" ungkap Edriwan.

Edriwan mengharapkan hasil pendataan dan pemetaan akan mempermudah dalam melakukan pembinaan kesehatan warga, Yang meliputi pelayanan kesehatan sederhana, penyuluhan, serta konsultasi kesehatan. Karena akan diberikan skoring prioritas masalah yang ditemukan di suatu kelurahan, selanjutnya tinggal melakukan pembinaan kesehatan sesuai dengan hasil skoring saat pendataan. Kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan semakin baik, terbukti dengan terjadinya peningkatan kunjungan masyarakat ke Puskesmas-Puskesmas untuk berobat ataupun keperluan yang lainnya. Masyarakat juga semakin peduli menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. \"Sejauh ini jumlah keseluruhan kunjungan masyarakat dalam pembinaan kesehatan warga mencapai 3.454 jiwa dari 20 Puskesmas di 8 Kecamatan Kota Bengkulu,\" tutup Edriwan. (cik9/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: