Cegah Bencana, Bupati Ajak Tanam Pohon

Cegah Bencana, Bupati Ajak Tanam Pohon

TABA PENANJUNG, BE - Gerakan penanaman 1 miliar pohon merambah ke Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Aksi penghijauan ini dipusatkan di SMAN 1 Taba Penanjung (SMAN 2 Bengkulu Tengah), kemarin (3/12).  Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli, SH diikuti jajarannya secara simbolis menanam tanaman mahoni, sengon, jabon dan mangga.

\"Maksud melaksanakan penanaman  satu miliar pohon ini untuk lebih meningkatkan kepedualin berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan,\" terang Ferry.

Dengan gerakan ini diharapkan berfungsi melindungi dampak pemanasan global; mencegah berbagai bencana alam seperti longsor, bencana alam yang dapat merusak infrastruktur, jembatan, jalan, bangunan, harta, jiwa dan raga. Selain itu juga bermanfaat meningkatkan konservasi sumber daya genetik tanaman hutan. Sekaligus sebagai bagian dari sikap dan budaya masyarakat yang melekat pada kehidupan sehari-hari.

\"Apa yang kita lakukan hari ini merupakan manajemen gerakan sehingga perlu peranan masing-masing dari semua komponen. Agar terkoordinir dan terinformasikan dengan jelas kepada masyarakat, maka perlu pembinaan secara berjejang sampai tingkat bawah,\" tambahnya.

Dalam kesempatan itu dikemukakan pula luas wilayah Bengkulu Tengah 122.394  hektar. Dari jumlah itu, 26.837, 40 hektar merupakan kawasan hutan. Terdiri dari hutan lindung 17.085,7 hektar, taman buru 4.579,0  hektar, cagar alam 87,7 hektar, taman hutan rakyat (Tahura) Rajo Lelo 1.122,0 hektar, hutan produksi tetap 1.046,7 hektar, dan hutan produksi terbatas 2.916,3 hektar. \"Dari luas kawasan hutan tersebut ternyata telah mengalami penurunan fungsi hutan dan lahan disebabkan illegal logging, perambahan hutan, alih fungsi lahan dan kebakaran lahan,\" imbuhnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: