60 Bendahara SKPD Dievaluasi

60 Bendahara SKPD Dievaluasi

BINTUHAN, BE-  Bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan anggaran disetiap Satuan Kerja Pemerintah daerah (SKPD) akan dilakukan evaluasi kenerja selama satu tahun ini. Hal ini  karena sesuai dengan aturan bahwa semua bendahara rutin SKPD harus dilakukan  penataan ulang untuk tahun 2013. Apakah nanti bendahara rutin setiap SKPD masih  digunakan atau tidak tergantung evaluasi tersebut. \"Sebanyak 60 bendahara harus dilakukan evaluasi, namun evaluasi tersebut berdasarkan pembukuan apakah bagus atau jelek, kemudian juga tergantung SKPD masing-masing apakah sesuai atau tidaknya. Jika SKPD minta pergantian maka bendahara harus diganti,\" ujar Kepala DPPKAD Kaur Drs Ersan Syafiri MM, kemarin.

Dikatakanya, evaluasi bendahara juga dilakukan sebagai peningkatan kapasitas dan evaluasi, terkait dengan tata kelola keuangan daerah. Yang mana pada tahun ini memang diberikan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Bengkulu atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Pemeriksaan Keuangan Daerah (LKPD) Kaur tahun anggaran 2011.

Walaupun sudah mendapatkan hal itu tetap akan dilakukan evaluasi dengan baik. \"Tentunya dengan diperolehnya WTP, itu artinya Pemkab harus lebih selektif lagi dalam  mengevalusi kapasitas dan kemampuan tanaga keuangan di masing-masing SKPD. Sehingga  evaluasi untuk tahun depan akan lebih baik lagi,\" jelasnya. Setelah dilakukan evaluasi nanti, kata Ersan, akan adanya pembinaan bendahara hal itu  memang setiap tahunya terus dilakukan. Agar dalam penyusunan laporan keuangan lebih  transparan, rapi dan tepat hal ini yang sangat diperlukan. Sehingga tahun depan WTP bisa  diraih kembali.

\"Siapapun bendahara yang ditunjuk nantinya bisa lebih baik, kemudian bagi bendahara  yang tidak dilanjutkan bisa mengerti. Karena semuanya tergantung evaluasi DPPKAD dan  seluruh SKPD,\" jelasnya. Namun demikian kemungkinan besar bisa jadi semua SKPD  mempertahankan bendahara masing-masing. Karena jika evaluasi itu menunjukan semua  kinerja Bendahara SKPD baik semua.\"Bisa jadi semuanya dipertahankan untuk  dilanjutkan tahun depan, tapi apakah memenuhi syarat atau tidak,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: