Kandidat Sekda jadi Perbincangan

Kandidat Sekda jadi  Perbincangan

BINTUHAN, BE- Meski masih terbilang cukup lama, namun nama-nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kaur sudah mulai diperbincangkan. Lantaran Sekda Kaur Drs H Mulyadi Usman MPd  yang saat ini menjabat Sekda dipastikan akan memasuki masa pensiun pada Juni 2013. Nama-nama calon sekda yang banyak diperbincangkan tersebut, sebenarnya masih didominasi oleh wajah-wajah lama dan merupakan pejabat aktif di Kaur. Namun semuanya merupakan wewenang bupati yang akan diajukan ke gubernur untuk dilakukan  fit and proper test.

Ada 6 pejabat eselon II yang memenuhi syarat menjadi calon sekda antara lain M Ali Paman SH kini menduduki Asisten II Pemkab Kaur, Ir Yetminson kini menjabat Kepala DKP Kaur, Ir H Ahyan Endu menjabat Kadishutbang ESDM, Drs Sarjoni Hanapi menjabat Kadisosdukcapil, Ir H sudoto Mpd kini menjabat Kepala Bappeda Kaur dan Nandar Munadi Ssos asieten I Pemkab Kaur. Dari enam eselon II tersebut dari syarat golongan sudah mencukupi.

Menyikapi hal tersebut Ketua Front Komunikasi Pemuda Kaur (FKPK) Andri Yudarso SH mengatakan, nama-nama penjabat tersebut memang sudah banyak berpengalaman baik segi golongan serta kridibilitasnya. \"Yang jelas calon sekda harus punya integritas dan kritibilitas sehingga memberikan kontribusi untuk pemerintahan Kaur,\" ujar Ketua Front Komunikasi Pemuda Kaur (FKPK) Andri Yudarso SH, kemarin.

Menurutnya, pergantian status dapat segera dilakukan apabila sudah ada usulan masuk, yakni usulan langsung dari Pemkab Kaur kemudian akan dilakukan fit and proper test dan hasilnya akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan persetujuan. \"Namun semuanya tergantung bupati kapan mau mengusulkannya, dan sejauh ini belum ada usulan yang sekarang jabatan tersebut masih dijabat oleh Pak Mulyadi, namun sekitar 6 bulan lagi sudah memasuki masa pensiun,\" jelasnya.

Namun intinya siapapun yang diusulkan dan mecukupi syarat harus bisa memamahami untuk membantu bupati terutama dalam pembinaan PNS. \"Kita sebagai pemuda  peduli terhadap perkembangan birokrasi Pemkab Kaur, sehingga kedepanya tetap akan kita awasi agar lebih baik,\" jelasnya. Sekda Kaur Drs H    Mulyadi Usman MPd mengatakan memang dirinya tengah masuk masa pensiun sekitar bulan Juni 2013. Namun semuanya itu urusan bupati,  sehingga saat ini belum dibicarakan hal tersebut. \"Yang jelas saat ini belum ada perbincangan persoalan tersebut, hal ini wewenang bupati,\" ungkapnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: