12 Sekolah, 2 Guru Olahraga

12 Sekolah, 2 Guru Olahraga

ILIR TALO, BE - Sebanyak 10 sekolah dasar (SD) di wilayah Kecamatan Ilir Talo, Seluma tak punya tenaga guru mata pelajaran olahraga. Bahkan dari total 12 SD yang tersebar di desa-desa di Ilir Talo yang ada hanya 2 sekolah saja yang punya guru pendidikan kesehatan jasmani dan kesehatan (penjaskes) itu.

Hal tersebut diungkap Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Seluma Drs H Thamrin Sabri. Menurutnya, secara keseluruhan masalah kekurangan guru penjaskes terjadi merata pada sekolah-sekolah se-Kabupaten Seluma. Sebanyak 14 kecamatan yang ada yang dinaungi oleh 4 UPT Dinas Pendidikan (Dispendik) semuanya kekurangan guru olahraga. Namun, yang paling parah terdapat di Kecamatan Ilir Talo.

”Pelajaran Penjaskes itu sangat penting bagi anak-anak. Masalah yang dihadapi, guru penjaskes di kabupaten ini sangat minim. Seperti yang paling parah di Ilir Talo,” kata Thamrin Sabri.

Dijelaskan Thamrin, dari pendataan yang pernah dilakukan pihaknya, persoalan kekurangan tenaga guru di Kabupaten Seluma tak hanya dialami SD. Tapi juga SMP, SMA/SMK dan madrasah. Peringkat pertama kekurangan guru adalah guru Penjaskes. Kemudian disusul kekurangan guru Mata Pelajaran Agama, guru kelas pada SD dan sejumlah guru mata pelajaran lainnya.

”Ke depan, jika ada kesempatan Pemkab Seluma untuk melakukan rekruten CPNS guru, kita sarankan agar memprioritaskan formasi guru Penjaskes dan Guru Agama. Tapi, dengan tidak mengenyampingkan formasi guru kelas dan guru mata pelajaran lainnya,” katanya. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: