Pemkot Usulkan Anggaran Jamkeskot Rp 2 Miliar

Pemkot Usulkan Anggaran  Jamkeskot Rp 2 Miliar

BENGKULU, BE - Pemerintah kota Bengkulu tetap melanjutkan program kesehatan masyarakat berupa Jaminan Kesehatan Kota (Jamkeskot) pada 2013 mendatang. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang diusulkan pemkot pun cukup besar, yakni 2 kali lipat dari total anggaran pada 2012 ini.

\"Pada tahun ini anggarannya Rp 1 miliar, namun karena anggaran tersebut telah habis sebelum sebelum tutup tahun, maka untuk tahun 2013 kami usulkan 2 lipat,\" kata Kepala Bagian Kesra Pemkot, Mi\'anusi SPdI, kemarin.

Pengajuan anggaran itu sudah disampaikan ke DPRD kota Bengkulu oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut, namun belum ada kepastian bahwa anggaran Rp 2 miliar tersebut akan terima oleh Legislatif atau tidak. \"Kami berharap usulan itu dapat diterima, bila tidak maka kejadian tahun ini akan terulang lagi, yakni terjadi kekurangan anggaran yang berdampak pada terjadi utang piutang dengan pihak rumah sakit,\" harapnya.

Mi\'anusi mengungkapkan tahun ini dana jamkeskot hanya Rp 1 miliar, dan itu cukup hingga bulan Agustus atau September, untuk bulan selanjutnya hingga akhir tahun pemkot tidak memiliki anggaran lagi, sementara masyarakat yang berobat menggunakan jamkeskot tidak bisa dibendung, akibatnya pemkot pun terpaksa membuat utang. Dan utang itu akan dibayar pada tahun selanjutnya setelah pengesahan APBD. \"Artinya akan pemkot tidak bisa lepas dari jika anggarannya selalu minim setiap tahunnya,\" tukasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: