Potensi PLTMH Dilirik Investor

Potensi PLTMH Dilirik Investor

TAIS, BE - Sejumlah sungai yang ada di wilayah Kabupaten Seluma yang berpotensi dimanfaatkan menjadi penggerak tenaga listrik, kini mulai dilirik investor. Potensi tersebut terdapat pada 5 sungai yakni, Sungai Sindur, Sungai Alas Kanan, Sungai Alas Kiri, Sungai Nelas dan Sungai Air Pelubang.

Kepala Bagian Administrasi Humas dan Protokol Pemkab Seluma, Mulyadi Joyo Martono SSos mengakui perihal tersebut. Dikatakannya, potensi yang terpendam pada sungai-sungai tersebut diperkirakan akan bisa memproduksi listrik sebesar 60 mega watt. Sebanyak 4 sungai berpotensi masing-masing 10 mega watt dan khusus sungai Air pelubang berpotensi 20 mega watt.

”Kita berharap investor yang melirik itu, bisa langsung menanamkan investasinya. Sehingga bisa memberikan kontribusi untuk mengatasi persoalan listrik di Kabupaten Seluma yang selama ini mengalami kekurangan suplay,” kata Mulyadi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas ESDM Seluma, Ir Riduan Sabdrin mengatakan, sejak beberapa waktu sampai kini, calon investor tersebut sudah melakukan survei lapangan. Calon investor tersebut berniat bergerak di bidang Pembangkit listrik tenaga mikro hindro (PLTMH). ”Potnsinya PLTMH, kebetulan ada investor yang melirik potensi ini. Kita menyambut baik hal ini,” katanya. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: