Siskamling Cegah Curnak

Siskamling Cegah Curnak

Wilayah Desa Pekik Nyaring kecamatan Pondok Kelapa desa langganan mengalami Curnak (Pencurian ternak), yaitu Sapi  dan Kambing. Kasus terakhir terjadi 3 bulan lalu, dimana 2 ekor ternak sapi dicuri pelaku dengan membawa kabur ternak itu, kemudian disembelih di tengah perjalanan. Atas maraknya kasus Curnak itu, Kades Pekik Nyaring, Sularno menggerakkan kembali Siskamling di lingkungannya, dilakukan rutin tiap malamnya. Dengan Siskamling itu, hasilnya aksi Curnak kini berkurang.

\"Saya menyerukan kepada warga agar waspada dengan aksi Curnak yang sewaktu-waktu terjadi lagi. Tiap malam saya sudah menggerakkan kembali Poskamling untuk memantau keamanan desa. Syukur, hasilnya cukup bagus. Kondisi relatif aman dari gangguan pencuri,\" kata Kades Sularno.

Dia menegaskan, meski begitu warga tetap diingatkan jangan lengah dengan ternak yang dipelihara. \"Kami terus menggunakan uang jimpitan. Agar warga merasa ikut menjaga keamanan, dan tidak was-was ada sesuatu yang mencurigakan terjadi,\" kata Sularno. Desa Pekik Nyaring, ungkap Sularno terdiri dari 4 blok, yakni Blok I hingga Blok IV. Blok yang paling rawan curnak, yakni Blok I. \"Akhir-akhir ini kami kian meningkatkan pengamanan dan operasi rutin. Khususnya di blok I yang rawan terjadi curnak,\" kata Sularno. (122)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: