12 Peserta Paket C Tidak Lulus

12 Peserta Paket C Tidak Lulus

TUBEI, BE - Sebanyak 12 peserta dari 58 peserta yang mengikuti ujian Nasional Pendidikan Kesejahteraan (UNPK) Paket C di Kabupaten Lebong dinyatakan gagal atau tidal lulus dalam ujian Paket C tahap II yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober lalu. Hal tersebut disampaikan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lebong Drs Aswan MSi melalui Kabid Dikmen Sugito SPd ,kepada wartawan diruang kerjanya kemarin. \"Untuk hasil ujian Paket C tahap ke II dari 58 peserta yang ikut hanya 46 peserta yang lulus sedangkan 12 peserta lainnya dinyatakan tidak lulus. Adapun seluruh peserta tersebut tergabung dari 8 PKBM yang ada di Kabupaten Lebong, dari 8 PKBM tersebut ada 2 PKBM yang pesertanya tidak ada yang lulus satu pun yakni dari PKBM Awang Bakung dan PKBM Mekar Jaya,\" jelas Sugito.

Dikatakan Sugito, untuk persentase ketidaklulusan UNPK Paket C tahap keII di lebong ini hanya 20,69 persen dan persentase kelulusan yakni sebesar 79,31 persen. Adapun 8 PKBM yang mengikuti ujian paket C tahap ke II tersebut yakni PKBM Bermani, PKBM At Tahzieb, PKBM Mekar Jaya, PKBM Muning Agung, PKBM Cahaya Ilmu, PKBM SKB Lebong, PKBM Grafika, dan PKBM Awang Bakung. \"ada beberapa faktor yang menyebabkan ketidaklulusan peserta. Faktor pertama ada peserta yang tidak mengikuti ujian secara penuh. Sehingga yang bersangkutan langsung dinyatakan gugur sebagai peserta UNPK Paket C. Faktor lainnya adalah nilai yang diraih masih dibawah batas nilai kelulusan,\" kata Sugito.

Selain itu, terkait blangko ijazah, Sugito mengaku belum menerima. Menurutnya, blangko ijazah masih ada di pusat dan biasanya baru sampai di daerah sekitar 1 sampai 2 minggu setelah pengumuman UNPK Paket C dilakukan. Sementara itu ditanya tentang hasil UNPK Paket B, ia menjelaskan kemungkinan untuk pengumuman hasil Paket B tersebut akan dilakukan pada bulan depan. \"Untuk Ijazah nanti kita serahkan langsung ke pihak PKBM masing-masing. Untuk pengambilan ijazah tidak ada dipungut biaya,\" pungkas Sugito.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: