Waspadai Pemadaman Saat Hujan dan Badai

Waspadai Pemadaman Saat Hujan dan Badai

TELUK SEGARA, BE - Tingginya intensitas hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dalam beberapa pekan terkahir melanda Kota Bengkulu dapat menyebabkan lampu padam. Hal ini disampaikan Manager PLN Rayon Teluk Segara Puput Septemberini ST di kantornya menanggapi pernyataan jurnalis BE mengenai hubungan antara hujan dan badai dengan besarnya potensi terjadi pemadaman, kemarin.

\"Hujan deras disertai angin kencang sering mengakibatkan beberapa ranting pohon mengenai kabel kita, akhirnya menyebabkan listrik padam. Pun demikian, kami telah mempersiapkan petugas untuk melakukan perbaikan. Jika hujan deras terjadi, kami akan menyiagakan petugas kami untuk bersiap melakukan perbaikan. Bila terdapat listrik padam, kami akan pantau dimana asalnya,” ujarnya.

Puput mengingatkan, banyaknya pohon yang mengganggu kabel listrik dapat memicu padamnya aliran listrik dengan tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Dalam segi teknis, hal ini diistilahkan dengan tanam tumbuh. Untuk mengantisipasi hal ini, Puput mengajak masyarakat agar mau menghibahkan pohonnya yang berdekatan dengan kabel listrik dengan tegangan tinggi. \"Kami memohon agar masyarakat yang memiliki pohon yang berdekatan dengan kabel listrik, agar menghibahkannya kepada PLN untuk ditebang. Sebab, bila pohon itu runtuh akibat hujan dan badai, maka akan menyenggol kabel listrik hingga mengakibatkan padamnya listrik. PLN tak ada niatan untuk memadamkan aliran listrik. Namun, warga juga keberatan tanam tumbuh miliknya yang menimpa kabel listrik ditebang. Jangankan ditebang, dipotong saja warga keberatan,\" tandasnya.

Pun demikan, ada juga pemadaman yang ditimbulkan karena adanya pemeliharaan. Ia mencontohkan, seperti pemeliharaan yang dilakukan PLN atas kabel listrik dari Gardu Induk Pekalongan hingga Gardu Induk Sukamerindu yang dilaksanakan dua pekan yang lalu. \"Atas pemadaman yang seperti ini akan kami umumkan diberbagai media sebelumnya,\" ujar Puput. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: