Dinkes Klaim Bidan Tak Ada yang Bolos

Dinkes Klaim Bidan Tak Ada yang Bolos

TALANG EMPAT, BE- Sejumlah bidan yang dikeluhkan masyarakat acap tak berada di tempat, ditepis Kabid Pelayanan Kesehatan, Pituari, SKM. Dinas Kesehatan mengklaim bidan yang tak berada ditempat itu hanya tempat tinggalnya saja yang tak di lokasi. Namun sang bidan tetap menjalankan tugasnya. \"Saya rasa itu tidak benar karena selama ini meski tak berada di tempat, mereka (bidan) tetap aktif masuk. Dalam seminggu 2-3 kali mereka bertugas di Puskesmas sehingga kesannya acap tidak masuk padahal tidak,\" kata Pituari.

Disamping itu, bidan juga dalam seminggunya bertugas di Puskesmas kecamatan. Sehingga terkesan jarang muncul di desa. Dia mengungkapkan, keberadaan bidan yang tak ada di lokasi dikarenakan sarana dan fasilitas medis yang tak menunjang. Sehingga bidang acap kali keluar dari lokasi. Kewajiban bidan itu melayani masyarakat dan mereka tidak wajib tinggal di lokasi desa bersangkutan. \"Mungkin karena di desa juga jarang pasien mereka jenuh sehingga memilih tinggal di luar. Namun tugas mereka tetap jalan. Karenanya tidak ada yang bolos. Saat ini terdapat 134 bidan masing-masing berada di tiap desa, dengan status PTT. \" tambah Pituari.

Sebelumnya, beberapa Kades mengeluhkan tidak adanya bidan di desa mereka sejak beberapa waktu terakhir. Sehingga para Kades menanyakan status bidan tersebut. \"Kalau di desa saya bidannya sudah jarang lagi masuknya. Kabarnya belum tahu, memang di desa kami fasilitasnya tidak ada rumah, itupun tak begitu nyaman,\" kata M Halis, Kades Renah Semanek kecamatan Karang Tinggi. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: