Ini Tiga Solusi Selamatkan Merpati Versi Dahlan Iskan

Ini Tiga Solusi Selamatkan Merpati Versi Dahlan Iskan

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah mengambil tiga poin keputusan untuk menyelamatkan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dari lilitan utang yang kian menumpuk. Saat ini maskapai pelat merah itu mempunyai utang sekitar Rp 7 triliun pada beberapa BUMN dan perusahaan swasta.

Pertama, kata Dahlan, Merpati tidak dilikuidasi (dihentikan operasionalnya-red) tapi diambil langkah-langkah yang bisa menyelamatkannya Merpati.

\"Jalan keluar gini, anak usahanya Merpati Maintenance Facility (MMF) itu dilepas kepada BUMN yang tugasnya melakukan restrukturisasi, yakni PT PPA. Nanti hasilnya untuk membiayai operasional Merpati sementara belum dapat KSO (kerjasama operasional),\" ujar Dahlan usai mengelar Rapim BUMN di Kantor Pusat Berdikari, Jakarta, Kamis (2/1).

Poin kedua, Dahlan mengijinkan Merpati mendirikan anak perusahaan khusus untuk menjalin KSO dengan partner baru. Sebab menurut hematnya, dengan mendirikan anak perusahaan, maka partner KSO tidak akan terbebani masalah-masalah utang lama Merpati yang mencapai Rp 7 triliun lebih.

\"Saya minta Direksi Merpati harus sudah menemukan partner KSO yang baru dalam dua atau tiga bulan ke depan. Merpati juga akan menyerahkan berbagai potensi yang dimilikinya untuk diturunkan ke anak perusahaan KSO tersebut,\" papar mantan Dirut PLN itu.

Terakhir, pria asal Magetan itu juga meminta agar Merpati mengurus terus restrukturisasi utang lamanya untuk dijadikan equity (modal-red). \"Nanti apa saja yang Merpati serahkan ke anak usaha, ya diserahkan. Nanti buku Merpati bersih, tidak ada hambatan. Dengan begitu maka tiga langkah untuk menghindarkan Merpati dari likuidasi harus dilakukan secara simultan,\" harapnya. (chi/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: