Mengajar Bahasa Inggris
Jadi guru Bahasa Inggris di SD Negeri 5 Pondok Kelapa sebuah tantangan bagi Munalsah Sri Rahma Wati S.Pd. Karena peserta didik yang dibina anak-anak yang baru menjadi pemula pendidikan, dimana anak-anak SD tersebut masih buta dengan pengetahuan dan materi khususnya untuk pelajaran Bahasa Inggris tingkat SD. Oleh sebab itu, pelajaran Bahasa Inggris ditingkat SD itu sangat penting. Bahkan perlu keseriusan untuk mengajari bagian-bagian tertentu materi Bahasa Inggris tingkat dasar. Munalsah menerangkan, Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran tambahan di sekolah, dianggap penting dan sangat penting bagi anak-anak tingkat SD. Mengingat bahasa inggris bahasa internasional yang dipelajari hingga SMA. “Jadi SD tidak lagi mempelajari Bahasa Inggris tingkat SMP, tetapi anak-anak akan mulai tahu sejak di bangku SD tidak takut di SM,” terangnya. Menurutnya, model pengajaran bahasa inggris yang diberikan kepada anak-anak didik tingkat SD secara bertahap dan dengan konsep bermain. Mengingat anak-anak SD masih canggung mengucapkan kosakata dan mengenali sebuah objek kata. “Belajar secara serius dengan tidak ada pendekatan pada siswa, sambil ajak bermain dan bernyanyi menghapal kosakata yang dipakai,” ungkapnya. Dijelaskannya, fasih bicara menggunakan Bahasa Inggris sangat penting di masa depan anak-anak. Mengingat bahasa Inggris bahasa internasional yang diakui seluruh Negara di dunia membantu banyak yang mengetahuinya. “Paham Bahasa Inggris, akan membuat anak-anak bisa mudah mencari kerja kalau sudah tamat SMA nanti, rata-rata bahasa inggris dipakai,” katanya. Ia menambahkan,dalam memberikan peajaran kepada peserta didik, tidak lepas dari motivasi yang bersifat natural serta menyenangkan. Kosakata dihapalkan dikaitkan dengan lingkungan sekitar sekolah, rumah dan anak selalu diberikan tugas. “Dengan memberikan tugas atau pekerjaan rumah, memberikan motivasi pada anak-anak, menghapal kosakata objek lingkungan,” pungkasnya. (111)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: