6 Fokus Anggaran Dalam APBD 2013

6 Fokus Anggaran  Dalam APBD 2013

TUBEI,BE - Ditahun 2013 mendatang, untuk pembangunan Kabupaten Lebong diarahkan kepada 6 prioritas yang telah disusun berdasarkan indentisifikasi permasalahan yang terjadi di Kabupaten Lebong. Adapun 6 Fokus anggaran ini dilakukan untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur penunjang perekonomian daerah. Meningkatkan pelayanan Pendidikan dan kesehata bagi masyarakat kehusunya masyarakatmiskin, mengurangi angka kemiskinan, Mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Governance), Peningkatan sarana dan perasaranan Pemerintahan dan optimalisasi Pengelolaan sumber daya Alam. Hal tersebut disampaikan Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan Bupati, ploting dana untuk peningkatan anggaran untuk Peningkatan Infrastruktur bidang Ke PU-an di rencanakan Sebesar Rp 90 Miliar dari total anggaran belanja langsung atau sebesar 36 persen. Untuk bidang pelayanan pendidikan dianggarakan Rp 25 miliar atau sebesar 10 persen dari total anggaran belanja Langsung. Anggaran untuk bidang pelayanan Kesehatan tahun 2013 direncanakan sebesar Rp 14.3 miliar atau Sebesar 6 persen dari total belanja langsung.

\"Berdasarkan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2015 yang di pertajam dengan Rencana kerja perangkat daerah tahun 2013 bahwa permasalahan yang yang kita hadapai yakni kurangnya infrastruktur yang memadai, Masih tingginya jumlah penduduk miskin, rendahnya sumberdaya manusia, terbatasnya sarana dan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan serta kabupaten lebong masih termasuk daerah tertinggal dan rendahnya produktifitas tenaga kerja,\" kata bupati.

Untuk itu, lanjut Bupati, keadaan ini secara agregatif berimplikasi pada rendahnya tingkat pendapatan masyarakat, rendahnya kesejahteraan rakyat dan lambannya progres Pembangunan daerah. \"Harapan kita dengan adanya Kegiatan yang diprioritaskan di tahun 2013 mendatang ini dapat menjawab permasalahan ini,\" lanjut Bupati.

Selain itu, meski ditetapkan 6 prioritas pembangunan, namun sektor lain tetap akan mendapat perhatian serius, terutama peningkatan sarana perekonomian masyarakat. \"Peningkatan ekonomi masyarakat ini nantinya dituangkan dalam bentuk-bentuk kegiatan bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, usaha kecil menengah dan koprasi. Semangat pembangunan ini sangat tinggi terutama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat namun harus tetap memperhatikan keseimbangan alam, karena kabupaten lebong merupakan salah satu kabupaten yang mewujudkan konsep konservasi,\" pungkas Bupati.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: