Optimalkan Efektivitas Mengajar
Sosok Malini termasuk seorang guru yang betah mengajar di wilayah pedalaman, tepatnya di SD Negeri 18 Pondok Kelapa. Baginya, melaksanakan tugas didaerah pedalaman mendapatkan kenyamanan dan mampu memenuhi efektivitas mengajar. Sebagaimana peserta didiknya yang membutuhkan pengajaran optimal, dari tingkat tidak tahu atau kurang pengetahuan menjadi siswa yang tahu. “Saya merasakan sendiri di SD 18 Pondok Kelapa ini, merupakan SD paling dalam dan ujung kecamatan perbatasan dengan Bang Haji. Untuk menjangkau SD membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari wilayah kota. Medan jalannya penuh tantangan, tebing terjal dan melalui jembatan gantung. Saya lebih nyaman dan dapat memenuhi keinginan para siswa di SD ini,” ungkapnya. Menurut Malini, siswanya juga lebih matang menerima pengajaran yang diberikan para guru di SD tersebut. Sayangnya khusus SD 18 Pondok Kelapa masih minim sekali tenaga pengajar dan mengandalkan honorer. “Bayangkan, kami bisa mengajari 39 siswa di SD ini, dengan jumlah guru 3 orang PNS termasuk kepala sekolah dan ditambah 3 honorer,” terangnya. Malini mengakui saat ini para siswa senang dan nyaman dengan pengajaran yang diberikan para guru, meskipun kadang kala terungkap dari para siswa mendambakan penambahan guru bidang tertentu, seperti Guru Olahraga dan Kesenian. “Pengajaran ilmu pasti dan pembelajaran wajib diketahui siswa tidak ada masalah, tinggal penambahan kebutuhan guru bidang di SD ini,” harapnya. (111)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: